Sari, Novi Kurnia
(2024)
Penggunaan Media FlashCard dalam Ekstrakurikuler
Seni Tari pada Siswa Tunagrahita di Sekolah Luar
Biasa YPPLB Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
penggunaan media FlashCard terhadap daya ingat siswa kelas IX smp SLB
YPPLB Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Variabel dalam penelitian
ini adalah Variabel bebas (Independent Variable) dan Variabel Terikat
(Dependent Variable). Instrumen penelitian ini menggunakan tes hafalan gerak
tari. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah Uji Normalitas, Uji Paired
Sample t-Test, Uji Homogenitas dan Uji Independent Sample t-Test.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil dari
kegiatan ekstrakurikuler tari siswa antara penggunaan media Berbasis Manusia
(Konvensional) dengan media FlashCard. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil
kemampuan daya ingat siswa kelas eksperimen yaitu 88,33, sedangkan nilai ratarata
hasil kemampuan daya ingat siswa kelas kontrol yaitu 73,33. Kemudian
diperkuat lagi dengan hasil pengujian Independent Sample t-Test dimana nilai Sig.
(2-tailed) sebesar 0,003 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
Hipotesa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh yang signifikan
antara kelompok yang diberikan media FlashCard dengan yang hanya
menggunakan media Konvensional.
Actions (login required)
|
View Item |