Hubungan antara Pengasuhan Orang Tua dengan Kemandirian Anak Usia Dini di Kampung Karang Sianik Kabupaten Pesisir Selatan

Nisa, Khairun (2024) Hubungan antara Pengasuhan Orang Tua dengan Kemandirian Anak Usia Dini di Kampung Karang Sianik Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_KHAIRUN_NISA_20005012_2104_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemandirian anak usia dini di Kampung Karang Sianik Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini diduga karena pengasuhan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Menggambarkan pengasuhan orang tua terhadap anak di rumah. (2)Menggambarkan kemandirian anak usia dini usia. (3)Mengetahui hubungan antara pengasuhan orang tua dengan kemandirian anak usia dini di Kampung Karang Sianik. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun di Kampung Karang Sianik Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 46 orang dan dengan mengambil sampel 75% dari populasi yaitu 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Pengasuhan orang tua di Kampung Karang Sianik Kabupaten Pesisir Selatan dikategorikan kurang baik. (2)Kemandirian anak usia di Kampung Karang Sianik Kabupaten Pesisir Selatan dikategorikan kurang mandiri. (3)Terdapat hubungan yang signifikan antara pengasuhan orang tua dengan kemandirian anak usia dini di Kampung Karang Sianik Kabupaten Pesisir Selatan. Saran dalam penelitian ini adalah perlunya peningkatan kemandirian dengan memperbaiki pengasuhan orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
CorrectorAini, WirdatulUNSPECIFIED
CorrectorNatsir, MhdUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:12
Last Modified: 21 Aug 2024 08:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53434

Actions (login required)

View Item View Item