Bentuk Penyajian Gendang Mengkerboi pada Gendang Silima dalam Upacara Kematian Ncayur Tua pada Masyarakat Pakpak di Desa Sukaramai.

Capah, Roy Brrenadi P (2022) Bentuk Penyajian Gendang Mengkerboi pada Gendang Silima dalam Upacara Kematian Ncayur Tua pada Masyarakat Pakpak di Desa Sukaramai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_ROY_BRRENADIP_CAPAH_17232049_579.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penyajian gendang mengkerboi dalam upacara kematian ncayur tua pada masyarakat Pakpak di Desa Sukaramai. Jenis penelitian ini adalah dekriptif kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti kamera dan alat tulis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah menghumpulkan data, mendeskripsikan data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk penyajian gendang mengkerboi pada gendang silima dalam upacara kematian ncayur tua pada masyarakat pakpak harus melalui tahapan seperti memasek jetereten (menamcapkan tiang jereten), dan diiringi dengan repertoar gendang raja, selanjutnya mangiring gajah kerbau akan diiring oleh puang dan akan disambut oleh berru takal peggu menuju tiang jereten yang sudah ditancapkan dan akan di iringi dengan repertoar gendang mangiring gajah, selanjutnya gajah mangiring adalah proses mematem kerbau, berru takal peggu membawa kujur sinane yang digantikan oleh sarkea sebagai alat untuk menombak kerbau sambil menari dirirngi repertoar gendang gajah mangiring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaestro, EsyUNSPECIFIED
CorrectorKadir, Tulus HandraUNSPECIFIED
CorrectorLumbantoruan, JagarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penyajian Gendang
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 20 Aug 2024 07:31
Last Modified: 20 Aug 2024 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53415

Actions (login required)

View Item View Item