Pengembangan Modul Digital dengan Pendekatan SFBC untuk Meningkatkan Self Esteem Korban Cyberbullying

Pertiwi, Yuliani (2024) Pengembangan Modul Digital dengan Pendekatan SFBC untuk Meningkatkan Self Esteem Korban Cyberbullying. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Yuliani Pertiwi_21151042_1850_2024.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Siswa korban cyberbullying memiliki permasalahan self esteem yang rendah, karena korban menerima pesan dan perlakuan buruk dari orang lain secara terus menerus yang membuatnya merasa tidak berguna, minder, menjauhi diri dari lingkungan, menjadi malas bersekolah dan prestasi akademiknya menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi self esteem korban cyberbullying dan menghasilkan produk berupa modul digital dengan pendekatan SFBC untuk meningkatkan self esteem korban cyberbullying yang layak dan dapat digunakan oleh guru BK/Konselor. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Development, Dissesminate). Penelitian ini melibatkan 35 siswa SMK Kota Padang yang menjadi korban cyberbullying untuk analisis kebutuhan. Uji kelayakan dinilai oleh 3 orang ahli terkait dengan isi dan tampilan modul digital dan 3 orang guru BK/Konselor untuk uji keterpakaian modul digital. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik nonparametric. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kondisi self esteem siswa korban cyberbullying berada pada kategori sangat rendah. Modul digital dengan pendekatan SFBC untuk meningkatkan self esteem korban cyberbullying dinilai sangat layak dimanfaatkan guru BK/Konselor dalam meningkatkan self esteem siswa korban cyberbullying dan tingkat keterpakaian modul digital dinilai sangat baik. Temuan ini dapat disimpulkan bahwa modul digital dengan pendekatan SFBC untuk meningkatkan self esteem korban cyberbullying yang dihasilkan dinyatakan sangat layak dan dapat dipakai oleh guru BK/Konselor. Implikasi penelitian ini yaitu modul digital yang dikembangkan akan membantu guru BK/Konselor dalam memberikan pelayanan kepada siswa korban cyberbullying.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarneli, YeniUNSPECIFIED
CorrectorNetrawati, NetrawatiUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ZadrianUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:11
Last Modified: 16 Aug 2024 04:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53366

Actions (login required)

View Item View Item