Tinjauan Penerimaan PPh Final UMKM setelah Penerapan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) Nomor 7 Tahun 2021 di KPP Pratama Padang Dua.

Putri, Fadilla Ismuriza (2023) Tinjauan Penerimaan PPh Final UMKM setelah Penerapan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) Nomor 7 Tahun 2021 di KPP Pratama Padang Dua. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_7_FADILLA_ISMURIZA_PUTRI_19233027_234_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Oleh: Fadilla Ismuriza Putri Penelitian ini dilakukan untuk meneliti tingkat penerimaan pajak penghasilan final UMKM dan upaya KPP Pratama Padang Dua untuk meningkatkan penerimaan pajak penghasilan final setelah penerapan Undang– undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan Nomor 7 Tahun 2021. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang Dua yang beralamat Jalan Pemuda Nomor 49 Olo, Padang Barat, Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu menggambarkan dan menganalisa data berdasarkan fakta-fakta dan informasi yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, dalam hal ini data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung diKPP Pratama Padang Dua dan data sekunder diperoleh dari KPP Pratama Padang Dua berupa data penerimaan pajak dari tahun 2018 s.d tahun 2022 serta, data kepatuhan pelaporan SPT atas wajib pajak UMKM tahun 2018 s.d 2022 dan data wajib pajak UMKM tahun 2018 s.d 2022 di Kota Padang. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahaan data menunjukan bahwa kebijakan penerapan Undang-undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan terhadap PPh Final UMKM memberikan peningkatan penerimaan pajak penghasilan final sejak berlakunya Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan. Meskipun peningkatan tidak dalam jumlah yang besar, namun kebijakan ini dapat dikatakan memberikan dampak yang baik ditengah keadaan pemulihan perekonomian setelah terjadi pandemi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorMaulana, AriefUNSPECIFIED
CorrectorSofya, RaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENERIMAAN PAJAK, WAJIB PAJAK, PERATURAN PAJAK
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen-D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Aug 2024 09:10
Last Modified: 13 Aug 2024 09:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53318

Actions (login required)

View Item View Item