Penentuan Ion Logam Pb2+ Menggunakan Pencil Lead Electrode Termodifikasi Lapisan Tipis Perak Dengan Metode Anodic Stripping Voltammetry

Afifah, Radha (2024) Penentuan Ion Logam Pb2+ Menggunakan Pencil Lead Electrode Termodifikasi Lapisan Tipis Perak Dengan Metode Anodic Stripping Voltammetry. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_RADHA_AFIFAH_20036108_2526_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ion logam Pb2+ merupakan kontaminan pada lingkungan yang berdampak bahaya bagi lingkungan dan kesehatan sehingga deteksi ion Pb2+ perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sensor ion Pb2+ dan menentukan kondisi optimum pengujian ion Pb2+ menggunakan elektroda modifikasi Ag/PLE dengan metode Anodic Stripping Voltammetry (ASV). Metode ASV merupakan metode yang sensitif untuk menguji ion logam karena proses analisis berlangsung dua tahap yaitu tahap prakonsentrasi dan tahap stripping. Pada penelitian ini, elektroda PLE dimodifikasi menggunakan lapisan tipis perak secara elektrodeposisi dengan metode voltametri siklik. Selanjutnya, optimasi elektroda dilakukan pada variasi supporting electrolyte, pH supporting electrolyte, potensial deposisi, dan waktu deposisi. Hasil penelitian menunjukkan elektroda yang dimodifikasi (Ag/PLE) memberikan respon yang lebih baik dalam mendeteksi ion Pb2+ dibandingkan elektroda non modifikasi (PLE). Kondisi optimum pengujian ion Pb2+ dengan Ag/PLE didapatkan pada supporting electrolyte HNO3 pH 1, potensial deposisi -0,5 V, dan waktu deposisi 120 detik. Pengukuran ion Pb2+ menggunakan Ag/PLE pada kondisi optimum memberikan nilai koefisien korelasi (R2) sebesar 0,9941.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Trisna KumalaUNSPECIFIED
CorrectorDewata, IndangUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, Sherly Kasuma WardaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENENTUAN ION LOGAM Pb2+
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:50
Last Modified: 13 Aug 2024 04:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53304

Actions (login required)

View Item View Item