Pengaruh Ekstra Etanol Kulit Apel (Malus sylvestris Mill.) Terhadap Histologi testis Mencit Jantan (Mus musculus L.) yang Diinduksi Boraks.

Yuliati, Netri (2024) Pengaruh Ekstra Etanol Kulit Apel (Malus sylvestris Mill.) Terhadap Histologi testis Mencit Jantan (Mus musculus L.) yang Diinduksi Boraks. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_NETRI_YULIATI_20032138_2075_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Boraks yang terdapat dalam makanan akan diserap dan disimpan secara kumulatif dalam hati, otak, tulang dan testis, sehingga dosis boraks dalam tubuh menjadi tinggi. Asam borat yang terkandung dalam boraks mampu menyebabkan gangguan pada sistem reproduksi. Asam borat mampu menembus testes blood barrier dan brain blood barrier, sehingga menyebabkan gangguan pada fungsi testis dan hipothalamus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak etanol kulit apel (Malus sylvestris Mill.) terhadap histologi testis mencit jantan (Mus musculus L.) yang diinduksi boraks. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2023 sampai Januari 2024 di Rumah Hewan, Laboratorium Penelitian, dan Laboratorium Zoologi Departemen Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 5 pengulangan setiap kelompok. (K-) tanpa diberi perlakuan, (K+) diberi paparan boraks dosis 28 mg/kg BB/hari, (P1) diberi paparan boraks dosis 28 mg/kg BB/hari + ekstrak kulit apel dosis 0,2 mg/20 gr BB/hari, (P2) diberi boraks dosis 28 mg/kg BB/hari + ekstrak kulit apel dosis 0,4 mg/20 gr BB/hari, (P3) diberi boraks dosis 28 mg/kg BB/hari + ekstrak kulit apel dosis 0,8 mg/20 gr BB/hari. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis of varian (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit apel dosis 0,2 mg/20gr BB, 0,4 mg/20gr BB, 0,8 mg/20gr BB berpengaruh terhadap berat testis, diameter testis, diameter tubulus seminiferus dan jumlah sel leydig yang diberi paparan boraks. Dosis terbaik estrak kulit apel dalam memperbaiki histologi testis yang diinduksi boraks yaitu 0,4 mg/20 gr BB

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAtifah, YusniUNSPECIFIED
CorrectorYuniarti, ElsaUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RijalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: EKSTRAK ETANOL KULIT APEL
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:07
Last Modified: 09 Aug 2024 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53264

Actions (login required)

View Item View Item