Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Instagram pada Materi Kesetimbangan Kimia sebagai Sumber Belajar Mandiri Kelas XI SMA/MA

Khoirunnisa, Aftika (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Instagram pada Materi Kesetimbangan Kimia sebagai Sumber Belajar Mandiri Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_AFTIKA_KHOIRUNNISA_17035052_743_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesetimbangan kimia merupakan materi pembelajaran kimia kelas XI SMA. Materi tersebut sulit dipahami sebagian peserta didik karena karakteristik materinya abstrak dan banyak hitungan. Diperlukan belajar mandiri untuk lebih memahami topik ini. Media sosial dapat digunakan sebagai inovasi sumber belajar mandiri yang kekinian salah satunya adalah Instagram. Pemanfaatan platform ini dapat menarik minat belajar karena sebagian besar siswa merupakan pengguna Instagram. Sumber belajar kesetimbangan kimia menggunakan Instagram belum ditemukan. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan mengembangkan media pembelajaran kesetimbangan kimia menggunakan Instagram serta mengungkap validitas, praktikalitas dan efektivitasnya. Jenis penelitian adalah Educational Design Reserch dengan model Plomp. Penelitian ini terdiri dari 3 tahap utama, yaitu: Preliminary Research, Prototyping Stage dan Assesement Phase. Subjek penelitian ini adalah dosen kimia UNP, guru kimia SMAN 3 Padang dan peserta didik SMAN 3 Padang. Objek penelitian yaitu: media pembelajaran kesetimbangan kimia menggunakan Instagram. Data dikumpulkan menggunakan angket validitas, lembar wawancara one to one evaluation, lembar praktikalitas serta pre-test dan post-test. Data hasil validasi yang diolah menggunakan formula Aiken’s V menunjukkan media sudah valid dengan nilai V= 0,9. Hasil One-to-one evaluation menunjukkan bahwa media Instagram ini sudah baik. Uji praktikalitas pada small group menghasilkan kesimpulan bahwa media sangat praktis dengan persen praktikalitas berdasarkan penilaian guru sebesar 90%, dengan kategori sangat praktis dan peserta didik 90% (sangat praktis). Keefektifan produk ini dalam skala kecil menunjukkan bahwa media berada dalam kategori cukup efektif dengan N-Gain= 63%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryelita, SuryelitaUNSPECIFIED
CorrectorAzra, FajriahUNSPECIFIED
CorrectorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, INSTAGRAM, KESETIMBANGAN KIMIA, MODEL PLOMP
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:06
Last Modified: 09 Aug 2024 07:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53260

Actions (login required)

View Item View Item