Potret Kemiskinan dalam Novel Sandiwara Bumi Karya Taufiqurrahman al-Azizy dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel.

Hamidah, Hamidah (2022) Potret Kemiskinan dalam Novel Sandiwara Bumi Karya Taufiqurrahman al-Azizy dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_HAMIDAH_18016116_1209.pdf

Download (993kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potret kemiskinan dalam novel Sandiwara Bumi karya Taufiqurrahman al-Azizy berdasarkan empat hal berikut. Pertama, mendeskripsikan bentuk-bentuk kemiskinan dalam novel Sandiwara Bumi karya Taufiqurrahman al-Azizy. Kedua, mendeskripsikan faktor penyebab kemiskinan dalam novel Sandiwara Bumi karya Taufiqurrahman al- Azizy. Ketiga, mendeskripsikan akibat kemiskinan dalam novel Sandiwara Bumi karya Taufqurrahman al-Azizy, dan keempat, mendeskripsikan implikasi potret kemiskinan dalam novel Sandiwara Bumi karya Taufiqurrahman al-Azizy terhadap pembelajaran teks novel. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang memiliki prosedur penelitian menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari seseorang atau pelaku yang dapat diamati. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis fiksi mimesis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Sandiwara Bumi karya Taufiqurrahman al-Azizy yang diterbitkan oleh Bintang Kejora pada tahun 2014. Data penelitian ini ialah kalimat-kalimat yang mengandung gambaran kemiskinan yang terdiri dari bentuk-bentuk kemiskinan, faktor penyebab kemiskinan, dan akibat kemiskinan. Gambaran kemiskinan dapat diperoleh dari ucapan pengarang, tuturan atau ucapan tokoh, dan tindak tokoh yang terdapat dalam novel Sandiwara Bumi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu membaca dan memahami, mengiventarisasi, menginterpretasi, mengklasifikasikan, dan menyimpulkan data yang berhubungan dengan potret kemiskinan dalam novel Sandiwara Bumi karya Taufiqurrahman al-Azizy. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan tujuh puluh lima data potret kemiskinan yang dilihat dari tiga kategori, pertama, terdapat gambaran kemiskinan dari aspek bentuk-bentuk kemiskinan dalam novel Sandiwara Bumi sebanyak dua puluh tiga data. Kedua, terdapat gambaran kemiskinan dari aspek faktor penyebab kemiskinan dalam novel Sandiwara Bumi sebanyak enam belas data. Ketiga, terdapat gambaran kemiskinan berdasarkan aspek akibat kemiskinan dalam novel Sandiwara Bumi sebanyak tiga puluh enam data. Data yang paling dominan ditemukan dalam penelitian ini adalah potret akibat kemiskinan. Kelebihan novel Sandiwara Bumi karya Taufiqurrahman al- Azizy memiliki bahasa sederhana yang mudah dipahami oleh semua kalangan. Sebuah novel yang bagus dan kaya manfaat membuat kita merenung sejenak bahwa hidup adalah sebuah keyakinan dan kekuatan hati. Namun novel ini tidak dipasarkan secara bebas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsri, YasnurUNSPECIFIED
CorrectorGani, ErizalUNSPECIFIED
CorrectorHafrison, MohamadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Teks Novel
Subjects: P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:58
Last Modified: 07 Aug 2024 03:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53222

Actions (login required)

View Item View Item