Dinamika Penerima Program Bantuan Lansung Tunai (BLT) Dana Desa Masyarakat Terdampak Covid-19 di Nagari Maek Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota

Nirmala, Rifa (2022) Dinamika Penerima Program Bantuan Lansung Tunai (BLT) Dana Desa Masyarakat Terdampak Covid-19 di Nagari Maek Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Rifa_Nirmala_18058041_162_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam melihat fenomena masyarakat setelah menerima program Bantuan Lansung Tunai (BLT) Dana Desa. Program Bantuan Lansung Tunai (BLT) Dana Desa di Nagari Maek pertama kali yaitu pada bulan Mei tahun 2020, dimana pada tahun 2020 ini semua masyarakat merasakan dampak dari Covid-19. Program Bantuan Lansung Tunai (BLT) Dana Desa ini bertujuan untuk mengurangi beban masyarakat terdampak Covid-19 dalam memenuhi kebutuhan. Pada tahun 2022 pelaksanaan penyaluran program Bantuan Lansung Tunai (BLT) Dana Desa masih berlanjut, keadaan perekonomian masyarakat Nagari Maek sudah mulai membaik, karena komoditi ekspor gambir sudah mulai berjalan lancar. Hal tersebut tentu berpengaruh terhadap pendapatan dan ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dinamika penerima program Bantuan Lansung Tunai (BLT) Dana Desa masyarakat terdampak Covid-19 di Nagari Maek Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Behavioral Sosiologi oleh Burhus Frederic Skinner. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus dengan jenis studi kasus intrinsik. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling, artinya peneliti menggunakan kriteria tertentu dalam memilih informan, informan dari penelitian ini berjumlah 25 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi non-partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk mengkaji kredibilitas dari penelitian digunakan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya program Bantuan Lansung Tunai (BLT) Dana Desa sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, namun terjadinya perubahan tingkah laku warga penerima program Bantuan Lansung Tunai (BLT) Dana Desa di Nagari Maek Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota yaitunya 1) perilaku konsumtif masyarakat penerima 2) perubahan pola pikir dan 3) kecemburuan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusilawati, NoraUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Eka VidyaUNSPECIFIED
CorrectorMardhiah, DesyUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:58
Last Modified: 07 Aug 2024 03:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53218

Actions (login required)

View Item View Item