Perbandingan Uji Ketelitian Citra Foto Udara Menggunakan Ground Control Point (GCP) Dan Tidak Menggunakan Ground Control Point (GCP) Di Lokasi Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sumatera Barat

Singgalang, Rangga Bhuwana (2024) Perbandingan Uji Ketelitian Citra Foto Udara Menggunakan Ground Control Point (GCP) Dan Tidak Menggunakan Ground Control Point (GCP) Di Lokasi Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_RANGGA_BHUWANA_SINGGALANG_20331080_2494_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Metode penginderaan jauh saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat, perkembangan itu meliputi alat atau instrumen pengambilan data dan juga proses pengolahan data dengan menggunakan perangkat lunak komputer. Foto kualitas tinggi merupakan salah satu faktor signifikan untuk efisiensi dan standar kualitas produk pemetaan seperti Digital Elevation dan Orthofoto. Pemanfaatan serta pengolahan data foto udara semakin luas dengan dukungan berbagai software yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan Digital Elevation Model dan orthofoto, serta perbedaan akurasi geometri dan objek dari data yang dihasilkan. Dalam penelitian ini data foto udara akan diproses menggunakan software Agisoft Photoscan dengan jumlah data 225 foto dan 4 titik GCP. Untuk uji ketelitian Posisi digunakan metode perhitungan yang dikeluarkan perka BIG No.15 tahun 2014. Hasil dari penelitian uji akurasi data citra foto udara yang menggunakan GCP dan foto udara yang tidak menggunakan GCP berdasarkan hasil uji akurasi menurut perka BIG No. 15 tahun 2014 didapatkan nilai CE90 dari foto udara dengan GCP yaitu dengan nilai sebesar 0.768 m dan nilai CE90 foto udara tanpa GCP sebesar 6.094 m.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitriawan, DedyUNSPECIFIED
CorrectorAngraina, DillaUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Sri KandiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CITRA FOTO UDARA MENGGUNAKAN GROUND CONTROL POINT (GCP)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Aug 2024 08:22
Last Modified: 05 Aug 2024 08:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53191

Actions (login required)

View Item View Item