Analisis Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Five-Tier Multiple Choice pada Materi Hukum Newton tentang Gerak

Putri, Vania Angelia (2024) Analisis Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Five-Tier Multiple Choice pada Materi Hukum Newton tentang Gerak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_VANIA_ANGELIA_PUTRI_19033067_3737.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika mengarahkan siswa pada pemahaman konsep karena fisika bukanlah suatu pembelajaran yang dihafal. Tingkat pemahaman konsep dari setiap siswa berbeda-beda. Salah satu konsep fisika yang sulit dipahami siswa adalah Hukum Newton tentang Gerak. Cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep siswa adalah melalui suatu tes diagnostik berupa five-tier multiple choice. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep siswa pada materi hukum Newton tentang gerak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah five-tier multiple choice yang terdiri atas 14 butir soal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kota Padang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang sudah mempelajari materi hukum Newton tentang gerak sehingga terpilih tiga sekolah yaitu SMAN 4 Padang, SMAN 6 Padang, dan SMAN 12 Padang dengan jumlah sampel penelitian 218 siswa. Hasil penelitian di tiga SMAN kota Padang diperoleh sebesar 13,37% siswa berada pada tingkat paham konsep dengan interpretasi persentase rendah, 9,53% siswa hampir paham konsep dengan interpretasi persentasse rendah, 42,01% siswa kurang paham konsep dengan interpretasi persentase sedang, sebesar 30,14% terjadi miskonsepsi pada siswa dengan interpretasi persentase sedang, 0,98% siswa tidak paham konsep dengan interpretasi persentase rendah, dan 3,96% siswa tidak terdefenisi tingkat pemahaman konsepnya karena terdapat siswa yang tidak utuh dalam menjawab pada tes. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pada ketiga sekolah tingkat pemahaman konsep siswa paling banyak berada di tingkat kurang paham konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
CorrectorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hukum Newton Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:53
Last Modified: 01 Aug 2024 04:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53145

Actions (login required)

View Item View Item