Studi Keterampilan Komunikasi Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi Kelas XII MIPA dan Hubungannya dengan Hasil Belajar di SMA Negeri 6 Padang

Putri, Wulan Nuzulia (2024) Studi Keterampilan Komunikasi Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi Kelas XII MIPA dan Hubungannya dengan Hasil Belajar di SMA Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_WULAN_NUZULIA_PUTRI_19031116_3661.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perubahan global dan kebutuhan pasar kerja modern semakin menekankan pentingnya soft skill yang digunakan untuk membekali peserta didik dalam mencapai kesuksesan. Salah satu dari soft skill keterampilan abad ke-21 yang harus dimiliki peserta didik adalah keterampilan komunikasi yang dapat dilatih dengan menciptakan peluang untuk menyampaikan pendapatnya saat proses pembelajaran, sehingga kemampuan dalam mengolah pemikiran, data, dan fenomena dapat diungkapkan dalam bentuk lisan, tulisan hingga non-verbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa baik keterampilan komunikasi peserta didik pada pembelajaran biologi di SMAN 6 Padang dan korelasinya dengan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XII MIPA di SMAN 6 Padang dalam tahun ajaran 2023/2024 yang homogen berjumlah 177 orang, dengan sampel penelitian yang homogen 35 orang secara simple random sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif korelasional, dengan bantuan Microsoft Excel 2010. Berdasarkan analisis hasil penelitian, diperoleh data bahwa keterampilan komunikasi peserta didik kelas XII MIPA di SMAN 6 Padang secara keseluruhan berkategori baik, mulai dari keterampilan komunikasi tulisan, lisan, dan non- verbal. Berdasarkan enam indikator komunikasi yang ada, terdapat dua indikator berkategori sangat baik (koordinasi dan mendengarkan) dan empat indikator berkategori baik (proses informasi, mimik wajah dan gestur, memahami, dan konstruksi pesan), dengan hubungan antara keterampilan komunikasi dan hasil belajar biologi peserta didik berkategori sangat rendah, karena proses pembelajaran belum memenuhi kriteria komunikasi abad ke-21 serta fokus dari mutu pendidikan sekolah lebih mengarah kepada kognitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorLufri, LufriUNSPECIFIED
CorrectorRahmatika, HelsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Komunikasi Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:50
Last Modified: 01 Aug 2024 03:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53141

Actions (login required)

View Item View Item