Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas X pada Materi Virus di SMA Negeri 23 Batam

Prandifa. Y, Riandho (2024) Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas X pada Materi Virus di SMA Negeri 23 Batam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_RIANDHO_PRANDIFA_Y_20031099_3946.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Gaya belajar merupakan cara yang lebih disukai dalam melakukan kegiatan berpikir, memproses dan mengerti sesuatu. Gaya belajar berperan penting dalam proses pembelajaran karena dapat mempengaruhi suasana belajar dan pembelajaran. Informasi gaya belajar peserta didik dapat digunakan oleh guru sebagai acuan dalam penyusunan model pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik menjadi optimal. Selain itu model pembelajaran yang tepat juga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang merupakan salah satu tuntutan pendidikan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis peserta didik ditinjau dari gaya belajar peserta didik kelas X pada materi virus di SMA Negeri 23 Batam. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 214 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes pilihan ganda mengenai materi virus yang merujuk pada aspek berpikir kritis Ennis dan menggunakan aplikasi Aku Pintar untuk menentukan gaya belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X di SMA Negeri 23 Batam berada pada kategori tinggi dengan persentasi rata-rata sebesar 43,92% dan kategori rendah sebesar 56,08%. Sedangkan gaya belajar peserta didik diperoleh gaya belajar kinestetik sebesar 55%, gaya belajar visual 32%, dan gaya belajar auditori 13%. Hasil analisis korelasi menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis dan gaya belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,011 (p<0,05) atau berada pada derajat korelasi sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya belajar berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X pada materi virus di SMA Negeri 23 Batam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
CorrectorFajrina, SuciUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis Gaya Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 01 Aug 2024 02:25
Last Modified: 01 Aug 2024 02:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53139

Actions (login required)

View Item View Item