Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pewarisan Sifat untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Fase D SMP

Khairani, Asmaul (2024) Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pewarisan Sifat untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Fase D SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_ASMAUL_KHAIRANI_19031065_3616.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Indonesia telah menerapkan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2021/2022 pada beberapa sekolah. Penerapan Kurikulum Merdeka merupakan salah satu upaya pemerintah untuk melatih daya berpikir kritis peserta didik agar mampu bersaing secara global. Berdasarkan hasil observasi kepada guru menyatakan bahwa bahwa guru kurang berpengalaman dalam penerapan Kurikulum Merdeka serta belum memiliki modul ajar yang lengkap. Salah satu modul ajar yang belum dimiliki oleh guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ialah materi pewarisan sifat berbasis problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar pewarisan sifat berbasis problem based learning untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam fase D SMP yang valid dan terbaca. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4D dengan empat tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate. Subjek penelitian dua orang dosen departemen Biologi FMIPA UNP sebagai validator serta lima orang guru ilmu pengetahuan alam sebagai responden dan validator. Objek penelitian ini adalah modul ajar pewarisan sifat berbasis problem based learning untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam fase D SMP. Penelitian ini menggunakan data primer dengan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian, diperoleh modul ajar pewarisan sifat dengan nilai validitas sebesar 91,60% dan untuk nilai keterbacaan sebesar 92,43%. Dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan modul ajar pewarisan sifat berbasis problem based learning untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam fase D SMP yang sangat valid dan terbaca dengan sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorRahmatika, HelsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul Ajar Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 01 Aug 2024 02:24
Last Modified: 01 Aug 2024 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53137

Actions (login required)

View Item View Item