Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)di Kelas VB SD Negeri 13 Kuranji Kota Padang

Aulia, Fadhila (2024) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)di Kelas VB SD Negeri 13 Kuranji Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_FADHILA_AULIA_19129112_1776_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ditemukan di lapangan, dimana hasil belajar peserta didik yang masih rendah dalam pembelajaran tematik terpadu. Adapun pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dari aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas VB SDN 13 Kuranji Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus dilakukan dalam empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa dokumen analisis, observasi, tes dan non tes. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas VB SDN 13 Kuranji yang berjumlah 19 orang, 9 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu: 1) Persentase penilaian RPP siklus I diperoleh rata-rata 85% kualifikasi cukup (C) dan meningkat pada siklus II dengan persentase 95% kualifikasi sangat baik (SB). 2) Persentase pengamatan pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 84,37% kualifikasi cukup (C) dan meningkat pada siklus II dengan persentase 93,75% kualiflikasi sangat baik (SB). Sedangkan pada aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 82,81% kualifikasi cukup (C) dan meningkat pada siklus II dengan persentase 93,75% kualiflikasi sangat baik (SB). 3) Penilaian hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 78,44 kualifikasi kurang (D) dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 86,84 kualifikasi baik (B). Dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu di kelas VB SDN 13 Kuranji Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLena, Mai SriUNSPECIFIED
CorrectorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 30 Jul 2024 05:05
Last Modified: 30 Jul 2024 05:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53104

Actions (login required)

View Item View Item