Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Digital terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang

Shafira, Vindi (2024) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Digital terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_VINDI_SHAFIRA_19029118_3588.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan suatu pembelajaran. Namun, hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 25 Padang masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model Discovery Learning berbantuan media digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning berbantuan media digital lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional serta mendeskripsikan perkembangan hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan model Discovery Learning berbantuan media digital di kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan rancangan penelitian nonequivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 25 Padang, dengan kelas VIII.6 dan VIII.8 sebagai kelas sampel. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes akhir dan kuis. Berdasarkan uji-t, diperoleh dengan kata lain ditolak. Sehingga dapat disimpulkan hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan menggunakan model Discovery Learning berbantuan media digital lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan pembelajaran. Berdasarkan analisis terhadap nilai rata-rata dan tingkat ketuntasan kuis, hasil belajar matematika perserta didik mengalami peningkatan. Dalam pelaksanaannya, kombinasi antara model Discovery Learning dan media digital memberikan efesiensi waktu dan meningkatkan kerja sama dalam kelompok belajar. Hal yang perlu diperhatikan yaitu media digital yang dipilih. Pilihlah media digital yang familiar dengan peserta didik sehingga tidak dibutuhkan banyak waktu untuk mengenalkan cara kerja media yang digunakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorResmana, Maulani MeutiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning Media Digital
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:44
Last Modified: 29 Jul 2024 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53095

Actions (login required)

View Item View Item