Pembuatan Model E-book Interaktif Berbasis Kearifan Lokal untuk Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang.

Annisa, Dinda (2022) Pembuatan Model E-book Interaktif Berbasis Kearifan Lokal untuk Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_DINDA_ANNISA_180166069_851.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan proses perancangan model e-book interaktif berbasis kearifan lokal budaya Minangkabau serta mendeskripsikan pembuatan model e-book interaktif berbasis kearifan lokal budaya Minangkabau dengan hasil yang valid (dilihat dari segi isi, kebahasaan, penyajian, dan kegarfikan). Jenis penelitian ini adalah mixed methods atau yang biasa dikenal dengan metode penelitian campuran. Model campuran yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang. Media pembelajaran yang inovatif sangat diperlukan oleh siswa untuk digunakan secara mandiri dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Oleh karena itu, penelitian model e-book interaktif dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi keterbatasan media pembelajaran dalam keterampilan membaca teks eksposisi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan perancangan model e-book interaktif berbasis kearifan lokal untuk pembelajaran bahasa Indonesia keterampilan membaca teks eksposisi siswa kelas X tingkat SMA dari hasil analisis kebutuhan guru, analisis kebutuhan siswa, analisis kurikulum, dan analisis konsep atau materi. Selanjutnya, penelitian ini mendeskripsikan pembuataan model e-book interaktif berbasis kearifan lokal keterampilan membaca teks eksposisi dengan nilai validitas sebesar 94,44% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek kelayakan isi diperoleh nilai validitas sebesar 97,50 % dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek kelayakan kebahasaan diperoleh nilai validitas sebesar 95 % dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek penyajian, diperoleh nilai validitas sebesar 95 % dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek kelayakan kegarfikan, diperoleh nilai validitas sebesar 89,28% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa e-book interaktif untuk keterampilan membaca teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang sudah valid dan dapat dilanjutkan ketahap selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model E-book Interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:56
Last Modified: 26 Jul 2024 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53064

Actions (login required)

View Item View Item