Pengaruh Permainan Mancala Terhadap Kemampuan Konsep Bilangan Pada Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Harapan Kita Pesisir Selatan

Fadilah, Anjelia Riski (2024) Pengaruh Permainan Mancala Terhadap Kemampuan Konsep Bilangan Pada Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Harapan Kita Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_ANJELIA_RISKI_FADILAH_19022005_2796_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum optimalnya kemampuan konsep bilangan anak usia 5-6 tahun dan kurang menariknya media yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan mancala pada konsep bilangan terhadap kemampuan konsep bilangan pada anak usia dini di taman kanak-kanak harapan kita pesisir selatan. Kemampuan mengenal konsep bilangan anak yang akan diteliti adalah kemampuan menjumlahkan, berhitung dan mengenal warna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk metode pre- eksperimental design (nondesigns). Subjek penelitian ini adalah anak yaitu B1 yang berjumlah 12 anak didik yang terdiri 4 anak laki-laki dan 8 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa tes perbuatanyang disusun dalam bentuk tes perbuatan untuk mengetahui kemampuan konsep bilangan anak Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan konsep bilangan anak di kelas eksperimen dengan menggunakan permainan mancala yang sudah ada di hp dan bisa kita download di play store memiliki pengaruh yang signifikan di banding sebelumnya yang menggunakan media permainan congkak yang berbasis papan dan juga menggunakan media Lka terhadap kemampuan konsep bilangan anak, hal ini dapat di lihat dari hasil data yang di analisis pada sebelumnya diberikan perlakuan menggunakan permainan mancala rata-rata nilai yang didapatkan adalah 13,13 kemudian di berikan perlakuan treatment dengan di perolehnya rata-rata 15,11. Kemudian dilakukan test akhir (posttest) yang menunjukkan bahwa setelah dilakukannya analisis mengalami kenaikan dan peningkatan rata-rata yaitu 17,77, hal ini menunjukakn bahwakemampuan anak dalam penelitian ini memperoleh hasil peningkatan dari yang sebelumnya dan yang sesudah dilakukan perlakuan. Maka dengan demikian dapat di disimpulkan bahwa penggunaan permainan mancala memiliki pengaruh terhadap kemampuan konsep bilangan pada anak di TK Harapan Kita Pesisir Selatan 2022/2023.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPransiska, RismareniUNSPECIFIED
CorrectorUtoyo, SetiyoUNSPECIFIED
CorrectorZulminiati, ZulminiatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:34
Last Modified: 26 Jul 2024 02:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53054

Actions (login required)

View Item View Item