Struktur dan Fungsi Sosial Ungkapan Larangan Masyarakat Jawa tentang Tradisi Membangun Rumah di Jorong Taman Sari Kenagarian Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya.

Hidayat, Anang (2022) Struktur dan Fungsi Sosial Ungkapan Larangan Masyarakat Jawa tentang Tradisi Membangun Rumah di Jorong Taman Sari Kenagarian Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_ANANG__HIDAYAT_17017083_224.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktur ungkapan larangan masyarakat Jawa tentang tradisi membangun rumah di Jorong Taman Sari Kenagarian Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya, (2) fungsi sosial ungkapan larangan masyarakat Jawa tentang tradisi membangun rumah di Jorong Taman Sari Kenagarian Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dari penelitian ini adalah ungkapan larangan masyarakat Jawa tentang tradisi membangun rumah di Jorong Taman Sari Kenagarian Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Data yang diperoleh diinventarisasi kemudian diklasifikasi dan dianalisis berdasarkan struktur dan fungsi sosialnya. Berdasarkan dari hasil penelitian ini didapatkan hal-hal berikut ini. Pertama, struktur ungkapan larangan masyarakat Jawa tentang tradisi membangun rumah di Jorong Taman Sari Kenagarian Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya meliputi: (1) struktur dua bagian diperoleh sebanyak 25 ungkapan larangan, (2) struktur tiga bagian diperoleh sebanyak 1 ungkapan larangan. Kedua, fungsi sosial ungkapan larangan masyarakat Jawa tentang tradisi membangun rumah di Jorong Taman Sari Kenagarian Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya meliputi: (1) fungsi sosial mempertebal kepercayaan diperoleh sebanyak 25 data, (2) fungsi sosial sistem proyeksi khayalan diperoleh sebanyak 5 data, (3) fungsi sosial alat pendidikan diperoleh 3 data, (4) fungsi sosial penjelas diperoleh sebanyak 2 data, dan (5) fungsi sosial menghibur tidak ditemukan dalam data yang telah diperoleh. Terdapat beberapa data yang memiliki fungsi sosial lebih dari satu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulfadhli, ZulfadhliUNSPECIFIED
CorrectorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
CorrectorNasution, Muhammad IsmailUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Fungsi Sosial Ungkapan
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:49
Last Modified: 25 Jul 2024 02:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53029

Actions (login required)

View Item View Item