Pengaruh Model Pembelajaran Trans Sector (Pengamatan Lokasi) terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang

Sari, Indah Kurnia (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Trans Sector (Pengamatan Lokasi) terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_INDAH_KURNIA_SARI_19016162_3213_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran trans sector terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Sampel yang dipilih terdiri dari satu kelas. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang sebelum dan sesudah menggunakan model trans sector. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil eksperimen ini ada tiga, yakni sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model pembelajaran trans sector berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 56,50. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan model pembelajaran trans sector berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 71,00. Ketiga, berdasarkan hasil uji–t hasil diperoleh thitung dibandingkan dengan ttabel pada derajat kebebasan dk = n-1 pada taraf signifikan 95% thitung > ttabel (3,92 > 1,67), dengan demikian, hipotesis berbunyi terdapatnya pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran trans sector terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang terdapat perubahan setelah menggunakan model pembelajaran trans sector.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
CorrectorAnggraini, DewiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN TRANS SECTOR, MENULIS TEKS
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Jul 2024 09:49
Last Modified: 22 Jul 2024 09:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52979

Actions (login required)

View Item View Item