Ningsih, Afvi Santrisca
(2023)
Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi
Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas
X IPS di MAN 2 Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan persepsi
siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar geografi siswa
kelas X IPS di MAN 2 Kota Padang. Jenis penelitian ini termasuk pada penelitian
kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPS pada
tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 174 siswa. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah proporsional random sampling dengan proporsi 10% dan
diperoleh sampel sebanyak 106 siswa. Analisis data menggunakan skala likert dengan
menggunakan program SPSS versi 16.0. Teknik yang digunakan adalah korelasi dan
regresi linear sederhana. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan
antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru memiliki hubungan positif
dan signifikan terhadap motivasi belajar geografi siswa. Hal tersebut dibuktikan dari
nilai koefisien korelasi (r) 0,514 dengan kategori cukup kuat , nilai koefisien
determinasi (r
2
) sebesar 26,4%, nilai t
hitung
(6,115) > t
tabel
(1,986) dan nilai persamaan
regresi Y = 31.707 + 0,607X yang menunjukkan bahwa setiap ada penambahan satu
satuan pada variabel persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru, maka akan
menaikkan nilai pada variabel motivasi belajar geografi siswa sebesar 0,607.
Actions (login required)
|
View Item |