Putri, Yasminda
(2024)
Tinjauan Kepuasan Konsumen atas Kualitas Pelayanan
yang Diberikan oleh Toko Sarana Smartphone Padang.
Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen atas kualitas
pelayanan yang diberikan toko Sarana smartphone di Kota Padang.Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif.Pengumpulan diolah dari data primer. Pengumpulan data dilakukan
dengan pengisian kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang
berbelanja di toko Sarana Smartphone padang. Sampel dalam penelitian ini
menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel sebanyak 100
responden.Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan mengolah data
yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan melihat nilai tingkat capaian
responden (TCR).
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kepuasan konsumen atas
kualitas pelayanan pada Sarana Smartphone di Kota Padang yang terdiri dari:
indikator berwujud (tangible) mendapatkan rata-rata sebesar 4.22 dengan TCR
84.30%, indikator kehandalan (reliability)mendapatkan rata-rata sebesar 3.97
dengan TCR 79.47%, indikator daya tanggap (responsiveness) mendapatkan ratarata
sebesar 4.03 dengan TCR 80.67%, indikator jaminan (assurance)
mendapatkan rata-rata sebesar 4.22 dengan TCR 84.33%, dan indikator empati
(emphaty)mendapatkan rata rata 4.35 dengan TCR 87%. Dari kelima indikator
tersebut Kualitas Pelayanan Pada Toko Sarana Smartphone Padang memperoleh
rata-rata skor secara keseluruhan sebesar 4.18 dengan TCR keseluruhan 83.54%
dan termasuk kedalam kategori sangat baik, artinya konsumen pada Toko Sarana
Smartphone Padang mempersepsikan kualitas pelayanan pada Toko Sarana
Smarphone Padang sudah dalam kategori sangat baik.
Actions (login required)
|
View Item |