Mulyanti, Mulyanti
(2024)
Pengembangan Model Guided Project Based Learning (G-PJBL)
Integrated Contextual Teaching and Learning (I-CTL) untuk Meningkatkan
Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di SMA.
Doctoral thesis, Program Pascasarjana.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar serta
keterampilan proses sains peserta didik disebabkan rendahnya pemahaman
konsep-konsep kimia dan kurang minatnya peserta didik terhadap pelajaran.
Dalam mempelajari kimia, peserta didik dihadapkan pada tiga dunia, yaitu dunia
nyata (makroskopik), dunia atom (submikroskopik), dan dunia lambang.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model G-PjBL I-CTL untuk
meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik di SMA yang valid,
praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau
dikenal dengan research and development dan lazim disingkat R & D.
Pengembangan model G-PjBL I-CTL pada pembelajaran kimia di SMA mengikuti
langkah model pengembangan Plomp yang terdiri tiga langkah pengembangan
yaitu: penelitian pendahuluan (preliminary research), fase pengembangan atau
prototipe (development or prototyping phase), dan fase penilaian (assessment
phase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model G-PjBL I-CTL valid, praktis,
dan efektif digunakan pada pembelajaran kimia di SMA. Kevalidan model
ditinjau dari beberapa aspek yakni aspek isi komponen dan prinsip serta
karakteristik pengembangan model. Sedangkan untuk struktur model ditinjau dari
organisasi, format, dan bahasa yang digunakan. a. Untuk hasil validasi buku
pedoman kerja pendidik dan buku pedoman kerja peserta didik ditinjau dari aspek
kegrafikaan, kebahasaan, pembelajaran dan konten. b. Praktikalitas model GPjBL I-CTL beserta buku pedoman kerja pendidik dan buku pedoman kerja
peserta pendidik. Prototype model G-PjBL I-CTL beserta buku pedoman kerja
pendidik dan buku pedoman kerja peserta pendidik sudah praktis menurut
observer, pendidik dan peserta didik. c. Efektifitas model G-PjBL I-CTL
dilihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik terhadap pembelajaran Kimia.
Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik antara sebelum menggunakan
model G-PjBL I-CTL dan sesudah menggunakan model G-PjBL I-CTL
Actions (login required)
|
View Item |