Pengembangan Model Guided Project Based Learning (G-PJBL) Integrated Contextual Teaching and Learning (I-CTL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di SMA.

Mulyanti, Mulyanti (2024) Pengembangan Model Guided Project Based Learning (G-PJBL) Integrated Contextual Teaching and Learning (I-CTL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di SMA. Doctoral thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
B.1_08_MULYANTI_15169021_1169_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar serta keterampilan proses sains peserta didik disebabkan rendahnya pemahaman konsep-konsep kimia dan kurang minatnya peserta didik terhadap pelajaran. Dalam mempelajari kimia, peserta didik dihadapkan pada tiga dunia, yaitu dunia nyata (makroskopik), dunia atom (submikroskopik), dan dunia lambang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model G-PjBL I-CTL untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik di SMA yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan research and development dan lazim disingkat R & D. Pengembangan model G-PjBL I-CTL pada pembelajaran kimia di SMA mengikuti langkah model pengembangan Plomp yang terdiri tiga langkah pengembangan yaitu: penelitian pendahuluan (preliminary research), fase pengembangan atau prototipe (development or prototyping phase), dan fase penilaian (assessment phase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model G-PjBL I-CTL valid, praktis, dan efektif digunakan pada pembelajaran kimia di SMA. Kevalidan model ditinjau dari beberapa aspek yakni aspek isi komponen dan prinsip serta karakteristik pengembangan model. Sedangkan untuk struktur model ditinjau dari organisasi, format, dan bahasa yang digunakan. a. Untuk hasil validasi buku pedoman kerja pendidik dan buku pedoman kerja peserta didik ditinjau dari aspek kegrafikaan, kebahasaan, pembelajaran dan konten. b. Praktikalitas model GPjBL I-CTL beserta buku pedoman kerja pendidik dan buku pedoman kerja peserta pendidik. Prototype model G-PjBL I-CTL beserta buku pedoman kerja pendidik dan buku pedoman kerja peserta pendidik sudah praktis menurut observer, pendidik dan peserta didik. c. Efektifitas model G-PjBL I-CTL dilihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik terhadap pembelajaran Kimia. Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik antara sebelum menggunakan model G-PjBL I-CTL dan sesudah menggunakan model G-PjBL I-CTL

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBarlian, EriUNSPECIFIED
CorrectorAmran, AliUNSPECIFIED
CorrectorLufri, LufriUNSPECIFIED
CorrectorElizar, ElizarUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:31
Last Modified: 16 Jul 2024 04:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52893

Actions (login required)

View Item View Item