Pengembangan e-book RAGESOS pada Pembelajaran Sosiologi Menggunakan Jurisprudential Inquiry untuk Menurunkan Perundungan di Sekolah Menengah Atas (SMA)

Rahmawati, Tri Nurza (2024) Pengembangan e-book RAGESOS pada Pembelajaran Sosiologi Menggunakan Jurisprudential Inquiry untuk Menurunkan Perundungan di Sekolah Menengah Atas (SMA). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_TRI_NURZA_RAHMAWATI_3348_2024.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tindakan kekerasan dilakukan oleh kelompok yang menggunakan kekuasaannya untuk menyakiti sekelompok orang semakin meningkat, termasuk perilaku perundungan. Umumnya korban perundungan ialah anak yang dapat menjadi bahan ejekan seperti anak yang lemah, pemalu, pendiam dan spesial (cacat, tertutup, pandai, cantik, atau punya ciri tubuh tertentu). Keberadaan pembelajaran sosiologi sudah berlangsung sangat lama namun belum memberikan penyadaran kepada orang-orang untuk tentang hak dan kewajiban terutama kepada kelompok-kelompok yang mempunyai kekuasaan dan kekuatan di SMA dari berbagai lapisan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan e-book RAGESOS pada pembelajaran sosiologi menggunakan jurisprudential inquiry untuk menurunkan perundungan di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini menggunakan mixed method dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang merupakan penelitian pengembangan R&D model ADDIE dengan langkah; (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru. Instrumen penelitian dan produk penelitian divaliadasi oleh pakar. Data primer dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian dan analisis data bersifat statistik menggunakan bantuan SPSS 25. Data sekunder menggunakan metode kualitatif. Praktikalitas e-book pembelajaran diukur menggunakan instrumen penelitian yang disebarkan kepada Guru dan Siswa. Data penurunan perundungan dan efektifitas produk diperoleh melalui penelitian eksperimen dengan rancangan randomized control–group pretest-posttes design. Data validitas, praktikalitas serta aktivitas dianalisis menggunakan rata-rata dan persentase. Berdasarkan temuan penelitian dihasilkan e-book RAGESOS pada pembelajaran sosiologi menggunakan jurisprudential inquiry valid, praktis dan efektif. Uji validitas menunjukan bahwa produk e-book pada pembelajaran sosiologi menggunakan jurisprudential inquiry secara keseluruhan memiliki kriteria sangat valid. Masing masing produk memiliki nilai Aiken V 0,88 untuk e-book siswa 0,81 dan 0,81 untuk e-book guru. Dari segi praktikalitas, e-book pembelajaran sosiologi menggunakan jurisprudential inquiry mendapatkan nilai 82,8 atau sangat praktis menurut siswa. Sementara penilaian guru menyatakan e-book sangat praktis dengan nilai 82,9. Lebih lanjut, hasil efektifitas menyatakan bahwa e-book pada pembelajaran sosiologi menggunakan jurisprudential inquiry efektif digunakan dalam melaksanakan pembelajaran Sosiologi. Berdasarkan hasil uji-t di SMA X Kerinci dan SMA Y Kerinci didapatkan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Data tersebut menjelaskan bahwa penurunan perilaku perundungan siswa pada sekolah menengah atas kelas X (sepuluh) yang diajarkan menggunakan e-book RAGESOS pada pembelajaran sosiologi menggunakan model jurisprudential inquiry lebih baik dari pada yang tidak diajarkan dengan e-book RAGESOS pada pembelajaran sosiologi menggunakan jurisprudential inquiry. Dengan demikian, hal ini membuktikan bahwa penerapan e-book RAGESOS pada pembelajaran sosiologi menggunakan jurisprudential inquiry efektif dalam menurunkan perilaku perundungan siswa sekolah menengah atas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorEriajoni, EriajoniUNSPECIFIED
CorrectorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:11
Last Modified: 16 Jul 2024 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52882

Actions (login required)

View Item View Item