Tradisi Ritual Tolak Bala Mandoa Padang dalam Kehidupan Masyarakat Pangean Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau

Narulita, Fina (2024) Tradisi Ritual Tolak Bala Mandoa Padang dalam Kehidupan Masyarakat Pangean Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Masters thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_04_FINA_NARULITA_22161008_584_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tradisi Ritual Tolak Bala Mandoa Padang Dalam Masyarakat Pangean merupakan tradisi turun temurun yang telah dilakukan oleh Masyarakat terdahulu sebelum memulai menanam padi di sawah. Hal ini bertujuan untuk memohon keselamatan sebelum turun kesawah untuk menanam padi.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keberadaan Ritual Tolak Bala dan nilai- nilai apa saja yang terdapat pada Tradisi Ritual Tolak Bala di Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Tradisi Ritual Tolak Bala adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk memohon keselamatan sebelum turun kesawah untuk menenam padi. Ritual Tolak Bala ini masih bertahan karena pada dasarnya Sebagian besar Masyarakat Pangean Bertani Padi di sawah. Kegiatan ini sebagai symbol untuk memohon keselamatan saat Bertani baik itu saat menanam, perawatan maupun proses panen. Masyarakat berharap hasil yang mereka peroleh bisa memuaskan. Metode yang digunakan yaitu kualitatif yaitu dengan cara penulis observasi langsung kelapangan dengan wawancara langsung dengan Masyarakat dan tokoh Masyarakat. Selain itu penulis melakukan observasi, wawancara dokumentasi supaya mendapatkan data yang akurat dan benar. Hal ini sesuai dengan tujuan memperoleh deskripsi yang mendalam tentang Tradisi Ritual Tolak Bala Dalam Kehidupan Masyarakat Pangean Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau Hasil penelitian ini dapat dilihat dari Tradisi Ritual Tolak Bala ini mengandung nilai- nilai yaitu nilai sosial, agama, serta Pendidikan. Nilai sosial ritual Tolak Bala di kehidupan Masyarakat Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau yaitu bisa dilihat dari Ketika pelaksanaan Tradisi Ritual Tolak Bala semua Masyarakat bergotong- royang mempersiapkan acara tersebut. nilai agama yang tekandung yakninya kita sebagai umat manusia diajarkan memohon keselamatan kepada Allah serta bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT bisa juga dilihat dari doa- doa yang di sampaikan untuk memohon keselamatan dalam kegiatan menanam dan merawat padi. nilai Pendidikan. Ini bisa dilihat dari pesan keselamatan saat menanam padi dan merawatnya yang dilakukan oleh Masyarakat Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau serta menjadi saranai untuk meminta agar hasil panen memuaskan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBudiman, BudimanUNSPECIFIED
CorrectorDaryustri, DaryustriUNSPECIFIED
CorrectorErianjoni, ErianjoniUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:44
Last Modified: 16 Jul 2024 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52881

Actions (login required)

View Item View Item