Jasman, Niningnawati
(2024)
Pengaruh Bantuan Langsung, Tidak Langsung dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Handstand Pada Mahasiswa Departemen Kepelatihan UNP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bantuan langsung, tidak
langsung dan motivasi belajar terhadap keterampilan handstand pada mahasiswa
Departemen Kepelatihan UNP.
Model penelitian ini adalah eksperimen semu rancangan Faktorial dengan
Level 2x2. Populasi penelitian ini berjumlah 106 orang dan sampel 40 orang
dengan teknik ordinally mathed pairing . Pengumpulan data Motivasi Belajar
dengan menggunakan angket dan keterampilan handstand menggunakan tes
keterampilan handstand. Data dianalisis menggunakan ANAVA dua jalur pada
taraf signifikansi α=0,05 dan uji normalitas Shapiro-Wilk tanda tangan. > 0,05.
Selanjutnya karena tidak ditemukannya interaksi antara bantuan langsung, tidak
langsung, motivasi dan keterampilan handstand maka tidak dilanjutkan dengan
Uji Tukey.
Hasil analisis data menunjukkan: (1) Secara keseluruhan tidak terdapat
perbedaan keterampilan handstand bantuan langsung dengan bantuan tidak
langsung (2) Tidak terdapat interaksi antara bantuan langsung, bantuan tidak
langsung dengan motivasi berlajar terhadap keterampilan handstand, (3)
Keterampilan handstand bantuan langsung tidak lebih baik dibandingkan dengan
bantuan tidak langsung pada kelompok motivasi belajar tinggi, (4) Keterampilan
handstand bantuan tidak langsung lebih baik dibandingkan dengan bantuan
langsung pada kelompok motivasi belajar rendah.
Actions (login required)
|
View Item |