Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP.

Dewantari, Juitama (2024) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_JUITAMA_DEWANTARI_18205059_4021_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan tujuan umum pengajaran matematika, bahkan sebagai jantungnya matematika. Memecahkan masalah dapat dipandang sebagai proses dimana siswa menemukan kombinasi aturan-aturan yang telah dipelajarinya lebih dahulu yang digunakan untuk memecahkan masalah yang baru. Akan tetapi perangkat yang ada masih bersifat umum dan belum memuat permasalahan sehari-hari yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Berdasarkan permasalahan ini maka peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis REACT untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap analisis pendahuluan, tahap pengembangan prototipe, dan tahap penilaian. Pada tahap pendahuluan dilaksanakan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis peserta didik. Pada tahap pengembangan prototipe dilaksanakan evaluasi formatif yang terdiri atas evaluasi sendiri, tinjauan pakar/ahli, evaluasi satu-satu, evaluasi kelompok kecil, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Lengayang. Berdasarkan pengembangan yang telah dilaksanakan, sudah diperoleh perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD berbasis REACT untuk kelas VII SMP materi bilangan bulat dan pecahan yang valid dengan karakteristik yang sesuai dengan semua indikator pada masing-masing aspek, yaitu aspek isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan. Pada Aspek Isi, perangkat pembelajaran pembelajaran berbasis REACT telah sesuai dengan kurikulum 2013, kegiatan scientifik, model pembelajaran, dan materi pelajaran. Pada Aspek Penyajian, perangkat pembelajaran telah sesuai dengan aturan penyusunan perangkat menurut Permendikbud No. 22 tahun 2016 dan Depdiknas tahun 2008, kesistematisan langkah-langkah pendekatan pembelajaran, dan kelengkapan komponen perangkat pembelajaran. Pada Aspek Kebahasaan, perangkat pembelajaran telah sesuai dengan penggunaan bahasa dengan kaidah yang baik dan benar. Pada Aspek kegrafikaan, perangkat pembelajaran sudah benar dari segi desain sampul, jenis dan ukuran huruf, tata letak gambar, relevansi masalah dengan gambar, penggunaan warna, dan desaim tampilan. Perangkat juga telah memenuhi kriteria praktis dengan karakteristik yang telah memenuhi semua indikator kepraktisan baik dari aspek keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorAsmar, AliUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:14
Last Modified: 15 Jul 2024 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52854

Actions (login required)

View Item View Item