Faktor Fundamental yang Mempengaruhi Harga Saham pada Perusahaan Sub Sektor Ritel yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Caniago, Moh. Fathir (2024) Faktor Fundamental yang Mempengaruhi Harga Saham pada Perusahaan Sub Sektor Ritel yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Moh_Fathir_Caniago_20059020_3585_2024.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Dalam memulai berinvestasi seorang investor perlu memahami perkiraan harga saham dan potensi pendapatan setiap saham sebagai panduan dalam pengambilan keputusan investasi. Hal ini dapat dilakukan dengan analisis fundamental. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor fundamental terhadap harga saham pada Perusahaan Sub-Sektor Ritel. Populasi penelitian ini adalah seluruh Perusahaan Sub-Sektor Ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2022 dan sampel penelitian sebanyak 80 sampel yang dipilih dengan metode purposive sampling namun sampel akhir dalam penelitian ini adalah 71 karena adanya data outlier. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari situs resmi tiaptiap perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Price Earning Ratio (PER) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham. Earning Per Share (EPS) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham. Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Return On Asset (ROA) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham. Return On Equity (ROE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitra, HalkadriUNSPECIFIED
CorrectorYusra, IrdhaUNSPECIFIED
CorrectorFebriyanti, Herlinda FitriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:03
Last Modified: 10 Jul 2024 06:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52813

Actions (login required)

View Item View Item