Pengembangan InstrumenEvaluasi Wordwall Game Interaktif sebagai media evaluasi pembelajaran sejarah di SMAN 1 Ampek Angkek

Parawangsa, Bunga Indah (2023) Pengembangan InstrumenEvaluasi Wordwall Game Interaktif sebagai media evaluasi pembelajaran sejarah di SMAN 1 Ampek Angkek. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_BUNGA_INDAH_PARAWANGSA_19046155_3375_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan media evaluasi pembelajaran berupa wodwall game interaktif pada mata pelajaran sejarah di SMAN 1 Ampek Angkek yang dapat digunakan untuk mendukung evaluasi pembelajaran sehingga membantu pengajar dalam menyampaikan materi pembelajaran. Media evaluasi pembelajaran yang dibuat ini mengkombinasikan audio dan visual kedalam media berupa game kuis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri atas lima tahapan pengembangan yaitu, 1) analisis (analyze), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (development), 4) implementasi (implementation), dan 5) evaluasi (evaluation). Instrumen penelitian disusun meliputi lembar angket yang terdiri dari lembar validitas ahli evaluasi, lembar validitas ahli media, dan lembar praktikalitas untuk guru dan siswa. Subjek penelitian ini adalah guru dan 32 orang siswa kelas fase E.1 di SMAN 1 Ampek Angkek. Analisis data penelitian ini menggunakan statistik kuantitatif yang diperoleh dari pengukuran skala, yaitu Skala Likert. Hasil penelitian yaitu: 1) Produk yang dihasilkan ditujukan pada siswa yang awalnya jenuh dan bosan pada saat evaluasi pembelajaran menjadi semangat dan menyenangkan, sedangan pada guru yang semula memerlukan tenaga dan waktu ekstra menjadi lebih praktis menilai hasil belajar siswa karena sudah terekam otomatis pada wordwall. 2) Hasil validasi dari ahli evaluasi adalah 4,46 dan validasi dari ahli media adalah 4,43 sehingga evaluasi wordwall sangat layak untuk diuji cobakan kepada siswa. 3) Hasil sebaran angket respon siswa 4,42 dengan kategori sangat praktis dan perolehan angket respon guru mendapatkan skor 4,53 dengan kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa evaluasi pembelajaran berbasis wordwall ini layak diterapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHastuti, HeraUNSPECIFIED
CorrectorAisiah, AisiahUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: WORDWALL GAME INTERAKTIF, RESEARCH AND DEVELOPMENT, MEDIA EVALUASI
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:02
Last Modified: 10 Jul 2024 06:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52805

Actions (login required)

View Item View Item