Analisis Kesesuaian Sarana dan Prasarana Ruang Praktik di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan Berdasarkan Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018

Al Ichsan, Muhammad (2024) Analisis Kesesuaian Sarana dan Prasarana Ruang Praktik di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan Berdasarkan Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_MUHAMMAD_AL_ICHSAN_19061036_1986_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ketersediaan sarana dan prasarana praktikum yang lengkap tentu dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam proses belajar mengajar. Hal ini juga mempermudah peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Permasalahan pada ruang praktik Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan ditemukannya beberapa komputer dalam kondisi baik tetapi tidak di operasikan sebaik mungkin karena software gambar yang digunakan dalam belajar belum terupdate dan belum terinstal pada komputer, dan juga ditemukannya jumlah siswa dengan jumlah komputer yang tidak merata pada ruang praktik, sehingga dalam satu komputer terdapat dua siswa yang bekerja secara bergantian. Pada ruang praktik Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan ruang praktik Teknik dan Bisnis Sepeda Motor tidak ditemukannya kursi kerja praktik pada saat melakukan praktik diruangan praktik. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi keberlangsungan proses siswa selama melaksanakan pembelajaran di ruang praktik. Jenis penelitian termasuk ke dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan analisis perbandingan antara luas standar dan luas aktual ruang praktik di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan, dapat disimpulkan bahwa luas ruang praktik tersebut sudah memenuhi standar yang ditetapkan, Dari hasil analisis persentase ketercapaian jumlah peralatan secara keseluruhan peralatan ruang praktik SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan belum memenuhi standar. Kesimpulan dari perbandingan ini adalah bahwa persentase ketercapaian luas area ruang kerja di sekolah tersebut sudah memenuhi standar yang ditetapkan. Namun, Secara keseluruhan persentase ketercapaian peralatan pada ruang praktik di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan masih di bawah rata-rata, menunjukkan bahwa fasilitas tersebut masih kurang memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrima, Fani KeprilaUNSPECIFIED
CorrectorRani, Iskandar GUNSPECIFIED
CorrectorSandra, NevyUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:45
Last Modified: 10 Jul 2024 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52799

Actions (login required)

View Item View Item