Pengembangan Video Tutorial Membuat Presentasi pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas IX SMP.

Kurniawan, Deddy (2024) Pengembangan Video Tutorial Membuat Presentasi pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas IX SMP. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_3_DEDDY_KURNIAWAN_19004048_3285_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media video tutorial dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran yaitu belum tersedianya media yang sesuai dalam proses pembelajaran. Media ajar yang selama ini digunakan adalah papan tulis dan buku sumber. Media ini belum dapat membantu mengatasi hal tersebut dan seringkali menimbulkan kejenuhan. Dalam mengatasi masalah tersebut, dikembangkan media video tutorial yang dapat digunakan sebagai media pendukung dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video tutorial yang valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pendukung dalam proses belajar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian pengembangan Research & Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Adapun prosedur pengembangan dari pengembangan ini yaitu: (1) Define, (2) Design, (3) Development, dan (4) Disseminate. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi dan angket respond siswa. Validitas produk diuji oleh dua orang ahli media dan satu orang ahli materi. Uji praktikalitas ditujukan kepada siswa/i kelas IX SMP N 24 Padang. Pengembangan media video tutorial menggunakan aplikasi Capcut pada mata pelajaran TIK untuk kelas IX SMP telah dilakukan sesuai dengan prosedur pengembangan yang menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk video tutorial. Produk ini telah melalui tahap validasi, berdasarkan penilaian hasil validasi materi dari guru bidang studi TIK SMP N 24 padang dan validasi media yakni dosen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Hasil validasi dari ahli materi sudah dikategorikan “Sangat valid”dengan rata-rata 3,50. Hasil validasi dari ahli media I sudah dikategorikan “Sangat Valid” dengan rata-rata 3,90 dan hasil dari ahli media II sudah dikategorikan “Sangat Valid”dengan rata-rata 3,90. Pada hasil uji praktikalitas produk media video tutorial berada pada rata-rata 3,83 dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media video tutorial menggunakan aplikasi Capcut pada mata pelajaran TIK dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNovrianti, NovriantiUNSPECIFIED
CorrectorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorAnugrah, SeptriyanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA VIDEO, VIDEO PEMBELAJARAN, VIDEO TUTORIAL.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:57
Last Modified: 09 Jul 2024 04:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52788

Actions (login required)

View Item View Item