Pengaruh Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022)

Ilahi, Vivi Anugrah (2024) Pengaruh Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_VIVI_ANUGRAH_ILAHI_19043061_3887.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate governance terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Indikator corporate governance yang digunakan dalam penelitian ini adalah karakteristik dewan komisaris (ukuran, dewan komisaris independen, dan frekuensi rapat), karakteristik komite audit (ukuran dan frekuensi rapat), dan struktur kepemilikan (kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan asing, dan kepemilikan publik). Jenis penelitian ini adalah penelitian kausatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022, dengan metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh total sampel keseluruhannya sebanyak 57 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang dibantu dengan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan ukuran dewan komisaris dan frekuensi rapat komite audit berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR. Sedangkan dewan komisaris independen, frekuensi rapat dewan komisaris, ukuran komite audit, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan asing, dan kepemilikan publik secara parsial tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorCheisviyanny, CharolineUNSPECIFIED
CorrectorDwita, SanyUNSPECIFIED
CorrectorJefriyanto, JefriyantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Corporate Governance Corporate Social Responsibility
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:27
Last Modified: 09 Jul 2024 03:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52777

Actions (login required)

View Item View Item