Rancang Bangun Media Interaktif Berbasis Android Menggunakan Mit App Inventor dan Proteus pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika Kelas X Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Bintan Utara

Kusumawardhani, Anisa (2024) Rancang Bangun Media Interaktif Berbasis Android Menggunakan Mit App Inventor dan Proteus pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika Kelas X Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Bintan Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_Anisa_Kusumawardhani_19065001_19065001_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perancangan dan pembuatan media interaktif berbasis Android menggunakan Mit App Inventor dan Proteus pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika kelas X Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Bintan Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media interaktif berbasis Android dan memaksimalkan pemanfaatan Smartphone Android pada proses pembelajaran. Media dibuat menggunakan bantuan Mit App Inventor, Proteus serta Canva. Penelitian ini menggunakan metode waterfall sebagai perancangan dan pembuatan. Penelitian ini menggunakan metode waterfall sebagai perancangan dan pembuatan media interaktif yang terdiri dari 5 langkah. Hasil penelitian menunjukkan media interaktif dapat membantu guru dan peserta didik saat proses pembelajaran, dibuktikan dengan hasil uji validitas dan praktikalitas. Uji validitas oleh ahli media dan ahli materi. Penilaian oleh kedua validator ahli media secara keseluruhan pada 15 indikator mendapatkan nilai sebesar 92,66% sehingga memasuki kategori “Sangat Valid”. Penilaian oleh kedua validator ahli materi secara keseluruhan pada 15 indikator mendapatkan nilai sebesar 96% sehingga memasuki kategori “Sangat Valid”. Untuk uji praktikalitas dilakukan oleh 15 orang peserta didik, secara keseluruhan pada 15 indikator mendapatkan nilai sebesar 96% memasuki kategori “Sangat Praktis”. Diperoleh bahwa media interaktif berbasis Android menggunakan Mit App Inventor dan Proteus dinyatakan “Sangat Valid” dan ‘Sangat Praktis’ untuk dapat digunakan sebagai pendukung proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlmasri, AlmasriUNSPECIFIED
CorrectorJasril, Ilmiyati RahmyUNSPECIFIED
CorrectorHanesman, HanesmanUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:35
Last Modified: 05 Jul 2024 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52745

Actions (login required)

View Item View Item