Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Kasus di Rumah Pintar Perintis Painan)

Hartati, Lecsy (2024) Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Kasus di Rumah Pintar Perintis Painan). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_Lecsy_Hartati_19005068_1679_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan kognitif anak usia dini di sebuah Lembaga Rumah Pintar melalui penggunaan alat permainan edukatif (APE). Penggunaan APE di Rumah Pintar Perintis diterapkan berdasarkan 5 prinsip, yaitu prinsip produktivitas, prinsip aktivitas, prinsip kreativitas, prinsip efektifitas dan efisiensi serta prinsip mendidik dengan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip produktivitas, prinsip aktivitas, prinsip kreativitas, prinsip efektifitas dan efisiensi, serta prinsip mendidik dengan menyenangkan oleh tutor di Rumah Pintar Perintis Painan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat studi kasus yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai temuan penelitian. Lokasi penelitian ini di jalan Imam Bonjol, Painan Timur, Pesisir Selatan. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan cara Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prinsip produktivitas menumbuhkan pengetahuan baru bagi anak, pada prinsip aktivitas anak terlibat aktif dalam kegiatan bermain, pada prinsip kreativitas memunculkan sikap kreatif pada anak, pada prinsip efektifitas dan efisiensi proses bermain anak memberikan hasil positif dan hemat waktu dan biaya, seta pada prinsip mendidik dengan menyenangkan anak mendapatkan kesan yang menyenangkan saat bermain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWisroni, WisroniUNSPECIFIED
CorrectorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:02
Last Modified: 04 Jul 2024 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52718

Actions (login required)

View Item View Item