Kajian Iklim Mikro di Bawah Naungan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Padang menggunakan Metode Temperature Humidity Index (THI)

Andini, Ulvia Sepra (2024) Kajian Iklim Mikro di Bawah Naungan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Padang menggunakan Metode Temperature Humidity Index (THI). Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_06_ULVIA_SEPRA_ANDINI_19034092_1394_2024.pdf

Download (862kB) | Preview

Abstract

Kota Padang merupakan salah satu kota yang memiliki Ruang Terbuka Hijau yang berfungsi meningkatkan kualitas lingkungan hidup perkotaan yang nyaman dan indah, sekaligus sebagai salah satu sarana rekreasi untuk masyarakat disana. Ruang Terbuka Hijau memiliki banyak varian vegetasi yang mempunyai ciri-ciri tanaman tinggi, perdu atau semak, rumput, daun rimbun, akar yang kokoh, dahan yang kuat dan rindang. Perbedaan vegetasi yang berbeda ini membuat suhu udara dan kelembaban udara serta tingkat kenyamanan di tiap vegetasi berbeda. Ruang Terbuka Hijau diharapkan mampu untuk memperbaki iklim mikro kota agar dapat memberikan kenyamanan untuk masyarakat beraktivitas. Kenyamanan termal sangat mempengaruhi aktivitas manusia karena respon yang dihasilkan adanya rasa panas dan dingin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh vegetasi terhadap suhu udara, kelembaban udara, dan tingkat kenyamanan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitaif yang dilaksanakan pada bulan Maret 2023. Lokasi penelitian ini dilakukan di RTH Imam Bonjol dan Taman Melati. Alat yang digunakan dalam pengukuran ini yaitu vane anemometer. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil dari pengukuran langsung di lapangan yang terdiri dari suhu udara, dan kelembaban udara. Kemudian kedua data tersebut dianalisis menggunakan metode THI. Hasil dari penelitian ini menunjukkan suhu udara tertinggi pada pagi, siang, dan sore hari adalah di Taman Melati dan suhu udara terendah berada di RTH Imam Bonjol. Kelembaban udara tertinggi pada pagi, siang, dan sore hari berada di RTH Imam Bonjol dan kelembaban udara terendah di Taman Melati. Pada tingkat kenyamanan RTH Imam Bonjol dan Taman Melati di area yang bernaungan termasuk dalam kategori nyaman. Sedangkan area yang tanpa naungan termasuk dalam kategori tidak nyaman. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut vegetasi berpengaruh terhadap suhu udara dan kelembaban udara karena adanya proses transpirasi yang akan meningkatkan jumlah uap air di udara. Sedangkan terhadap tingkat kenyamanan vegetasi dapat berpengaruh sebagai pengendali iklim yang dapat menyerap panas dari pancaran sinar matahari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSudiar, Nofi YendriUNSPECIFIED
CorrectorFauzi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorDwiridal, LetmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Green Open Space, Air Temperature, Air Humidity, THI
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:11
Last Modified: 03 Jul 2024 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52711

Actions (login required)

View Item View Item