Pengembangan Video Permainan Kavaleri Snare Drum untuk Meningkatkan Kecerdasan Musik Anak Usia Dini di Kabupaten Rokan Hulu

Nurhamidah, Nurhamidah (2024) Pengembangan Video Permainan Kavaleri Snare Drum untuk Meningkatkan Kecerdasan Musik Anak Usia Dini di Kabupaten Rokan Hulu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NURHAMIDAH_20330067_2158_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Anak usia dini memiliki kecerdasan jamak (multiple intellegences). Salah satu kecerdasan yang perlu distimulasi adalah kecerdasan musik. Masalah yang terjadi dilapangan adalah: kecerdasan music anak sangat rendah hal ini terlihat ketika anak tidak dapat memainkan alat musik, anak tidak mampu mengingat lagu atau musik dengan cepat dan akurat, anak kesulitan mengikuti irama musik dengan alat perkusi sederhana, anak belum mengenal berbagai macam lagu atau karya musik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media yang dapat digunakan untuk menstimulasi dan meningkatkan kecerdasan musik anak berupa video permainan kavaleri snare drum. Metodologi penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development ADDIE dari Branch dengan 5 tahapan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar observasi dan angket respon guru. Berdasarkan hasil penelitian berupa uji validasi materi memperoleh persentase pengujian 90% dengan kriteria kelayakan sangat valid. Hasil uji validasi media memperoleh persentase sebesar 94,54% dengan kriteria sangat valid dan validasi instrument untuk mengukur kecerdasan musik anak memperoleh persentase 95,55% dengan kriteria sangat valid. Hasil respon guru mendapat persentase sebesar 90% dengan kategori sangat baik untuk digunakan dalam meningkatkan kecerdasan musik anak usia dini. Pengembangan video permainan kavaleri snare drum sangat berhasil untuk meningkatkan kecerdasan musik anak usia dini. Berdasarkan perhitungan hasil uji N-Gain sebesar 0,90 artinya pengembangan video permainan kavaleri snare drum efektif untuk meningkatkan kecerdasan musik anak usia dini dalam kategori tinggi dengan presentase 93,52%. Selanjutnya dilakukan uji paired sample t-test dengan perolehan hasil sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 dengan α = 0.05 yang memiliki arti bahwa ada perbedaan nilai rata-rata antara nilai pretest dan posttest kecerdasan musik anak usia dini. Kesimpulan dari hasil analisis data ini menunjukkan bahwa pengembangan video permainan kavaleri snare drum efektif dan berhasil untuk meningkatkan kecerdasan musik anak usia dini secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulastri, SulastriUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorYaswinda, YaswindaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:09
Last Modified: 03 Jul 2024 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52706

Actions (login required)

View Item View Item