Kontribusi Insentif dan Iklim Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru SMA Negeri

Julidawati, Hasni (2024) Kontribusi Insentif dan Iklim Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru SMA Negeri. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_Hasni_Julidawati_21147004_2144_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pra-survey tergambar bahwa kepuasan kerja guru SMA Negeri Kabupaten Kampar masih rendah. Hal ini diduga ada kaitannya dengan insentif yang belum terpenuhi dan iklim sekolah yang belum kondusif. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi insentif dan iklim sekolah terhadap kepuasan kerja guru SMA Negeri Kabupaten Kampar. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) insentif berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru, (2) iklim sekolah berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru, (3) insentif dan iklim sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang berstatus PNS di SMA Negeri Kabupaten Kampar yang berjumlah 687 orang. Untuk mendapatkan sampel penelitian pertama penulis menggunakan cluster random sampling berdasarkan jarak tempuh ke pusat kota dan didapatkan 6 sekolah yang berjumlah 205 orang guru kemudian penulis mengambil sampel berdasarkan strata dengan teknik stratified proportional random sampling dan didapatkan sampel penelitian ini berjumlah 77 orang guru. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang disusun dengan model Skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) insentif berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru sebesar 51,6%, (2) iklim sekolah berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru sebesar 22,4%, (3) insentif dan iklim sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru sebesar 71,4%. Tingkat capaian skor insentif 83,44% berada pada kategori baik sedangkan untuk iklim sekolah 84,10 berada pada kategori kondusif dan untuk kepuasan kerja guru 83,95% berada pada kategori puas. Temuan di atas mengimplikasikan bahwa insentif dan iklim sekolah adalah dua faktor yang dapat meningkatkan kepuasan kerja guru, disamping melalui faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGistituati, NurhizrahUNSPECIFIED
CorrectorYahya, YahyaUNSPECIFIED
CorrectorIrsyad, IrsyadUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:09
Last Modified: 03 Jul 2024 07:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52705

Actions (login required)

View Item View Item