Pengembangan LKPD berbasis Discovery Learning tentang Materi Sistem Ekskresi untuk Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA

Amelisa, Amelisa (2024) Pengembangan LKPD berbasis Discovery Learning tentang Materi Sistem Ekskresi untuk Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_AMELISA_19031002_1950_2024.pdf

Download (699kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan sarana pembelajaran yang digunakan untuk memudahkan guru memberikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Penggunaan media pembelajaran yang tepat akan membantu peserta didik memahami materi pembelajaran dengan cepat. Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 1 Natal penggunaan media pembelajaran yang digunakan di Kelas belum efektif dan peserta didik cenderung pasif selama proses pembelajaran Biologi berlangsung. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis discovery learning tentang materi sistem ekskresi untuk peserta didik kelas XI MIPA SMA merupakan upaya untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan pada proses pembelajaran Biologi dan membantu peserta didik memahami materi pembelajaran khususnya materi sistem ekskresi. Pengembangan LKPD ini menggunakan model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D, yang terdiri dari tiga tahap yaitu: define, design, dan develop. Subjek penelitian ini adalah dua orang dosen Biologi Universitas Negeri Padang dan satu orang guru Biologi di SMA Negeri 1 Natal sebagai validator, serta guru Biologi di SMA Negeri 1 Natal dan 36 orang peserta didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Natal untuk uji praktikalitas produk yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara guru, angket observasi peserta didik, angket validitas, dan angket praktikalitas. Hasil uji validitas LKPD berbasis discovery learning tentang materi sistem ekskresi untuk peserta didik Kelas XI MIPA SMA adalah 94,3% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan hasil uji praktikalitas LKPD adalah 91,9% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil uji validitas dan uji praktikalitas disimpulkan bahwa LKPD berbasis discovery learning tentang materi sistem ekskresi untuk peserta didik Kelas XI MIPA SMA adalah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRistiono, RistionoUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorYogica, RelsasUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Discovery Learning, Sistem Ekskresi, Penelitian Pengembangan 4-D Models
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:28
Last Modified: 25 Jun 2024 07:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52663

Actions (login required)

View Item View Item