Analisis Proksimat dan Ultimat Terhadap Kualitas Batubara yang Mengandung Resin di KUD Sinamar Sakato, Kecamatan Asam Jujuhan, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat

Alfarizi, Putra (2024) Analisis Proksimat dan Ultimat Terhadap Kualitas Batubara yang Mengandung Resin di KUD Sinamar Sakato, Kecamatan Asam Jujuhan, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B.1_11_PUTRA_ALFARIZI_19137011_1258_2024.pdf

Download (711kB) | Preview

Abstract

KUD Sinamar Sakato merupakan salah satu perusahan yang bergerak di bidang pertambangan batubara dengan sistem penambangan yang diterapkan adalah sistem tambang terbuka. KUD Sinamar Sakato memproduksi batubara yang memiliki pengotor bawaan berupa getah tumbuhan (resin). Resin dalam batubara KUD Sinamar Sakato masih belum diketahui dampak yang ditimbulkan terhadap kualitas batubaranya, apakah resin tersebut bisa menaikan atau malah menurunkan kualitas batubara. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh dari resin terhadap kualitas batubara, mengetahui parameter kualitas apa yang ikut terpengaruh dengan adanya resin tersebut dan menentukan peringkat (rank) dari batubaranya, dengan menggunakan metode analisa proksimat dan ultimat. Pengujian dilakukan melakukan perbandingan antara batubara yang mengandung resin dan batubara yang tidak mengandung resin pada seam yang sama, sehingga dapat diketahui parameter apa saja yang terpengaruh oleh resin. berdasarkan pengujian analisa proksimat dan ultimat maka didapatkan hasil rata rata batubara resin dengan kandungan inherent moisture 2,57%, ash content 31,07%, volatile matter 62,04%, fixed carbon 4,31%, total sulfur 0,27%, dan calori 5,930.51 kkal/kg. batubara non-resin dengan kandungan inherent moisture 18,92%, ash content 6,32%, volatile matter 35,68%, fixed carbon 39,09%, total sulfur 0,31%, dan calori 5,302.54 kkal/kg. Dari hasil perbandingan pengujian diketahui resin yang ada pada batubara dapat meningkatkan kadar ash content, volatile matter dan calori, resin juga berpengaruh pada penurunan kadar inherent moisture. Rank dari batubara yang mengandung resin sub-bituminus A dan batubara non resin sub-bituminus B.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrabowo, HeriUNSPECIFIED
CorrectorFadhilah, FadhilahUNSPECIFIED
CorrectorRahman, Harizona AuliaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisa Proksimat, Analisa Ultimat, Batubara Resin, Peringkat Batubara
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:19
Last Modified: 25 Jun 2024 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52652

Actions (login required)

View Item View Item