Evaluasi Manajemen Disposal Area di PT. Kalimantan Prima Persada Jobsite PELH Kecamatan Merapi Barat, Kapubaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan

Satria D, Fariq Dwi (2024) Evaluasi Manajemen Disposal Area di PT. Kalimantan Prima Persada Jobsite PELH Kecamatan Merapi Barat, Kapubaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B.1_11_FARIQ_DWI_SATRIA_DIANSA_19137049_1439_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Disposal adalah suatu tempat yang dijadikan untuk pembuangan overburden. Penentuan lokasi disposal perlu diperhatikan agar tidak mengganggu proses eksploitasi pada saat sekarang hingga akhir tambang. Untuk luasan disposal dirancang sesuai dengan jumlah overburden yang akan digali setiap bulannya. Manajemen disposal area merupakan suatu perencanaan dalam melakukan pekerjaan pembentukan disposal dengan memperhatikan aspek keselamatan dan mencakup desain disposal, konstruksi disposal dan maintenance sehingga dapat mencapai target. Dalam proses pemindahan overburden tersebut, yang menjadi masalah diantaranya tempat penimbunan yang dibutuhkan cara penimbunan, penanganan dan pengawasan yang dilakukan serta pengelolaan yang efektif dan efisien. Luasan disposal area dalam perencanaan perusahaan yaitu ± 37,87 Ha sedangkan saat ini luasan disposal area yang bisa digunakan ± 25,45 Ha, pada luasan area memerlukan manajemen disposal area kembali agar perencanaan yang telah dibuat bisa sesuai dengan aktualnya. Dengan menggunakan metode kuantitatif penelitian yang menekankan pada pengukuran dan penghitungan data secara numerik. Target pengupasan material overburden perbulan yang sudah di rencanakan sebanyak 580.000 BCM, maka jumlah total material yang sudah dialokasikan pada disposal area bulan Februari 2023 tidak tercapai, karena pada aktualnya jumlah material sebanyak 543.360 BCM dengan selisih 36.640 BCM atau dalam keadaan mengembang (loose) sebanyak 679.200 LCM, dengan jumlah keseluruhan ritase sebanyak 33.960. Rata – rata jumlah lapisan tanah penutup yang di dumping pada disposal area pada setiap harinya sebanyak 18.112 BCM. Jumlah material tertinggi yang di dumping pada disposal area yaitu pada hari ke 7 sebanyak 19.184 BCM dan terendah pada hari ke 21 yaitu sebanyak 15.536 BCM. Konstruksi disposal, parameter terdiri dari tanggul pengaman, jenjang (bench), lampu penerangan, pemandu, kemiringan disposal (Grade), patok pembatas, dumping diatas lumpur atau retakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGusman, MulyaUNSPECIFIED
CorrectorSaldy, Tri GamelaUNSPECIFIED
CorrectorBurhamidar, Aulia HidayatUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Disposal, Perawatan Disposal, Desain dan Kontruksi Disposal
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:19
Last Modified: 25 Jun 2024 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52651

Actions (login required)

View Item View Item