Peran Pokdarwis dalam Mengembangkan Destinasi Wisata Geopark Gunung Berantai di Kenagarian Koto Nan Empat di Bawuh Kecamatan Sembilan Koto Kabupaten Dharmasraya

Putra, Puska (2023) Peran Pokdarwis dalam Mengembangkan Destinasi Wisata Geopark Gunung Berantai di Kenagarian Koto Nan Empat di Bawuh Kecamatan Sembilan Koto Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_PUSKA_PUTRA_18089094_1889_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui peran porkdarwis dalam mengembangkan detinasi wisata di Geopart Gunung Berantai di Kenagarian Koto Nan Empat Di Bawuh Kecamatan Sembilan Koto Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini memfokuskan pada pokok permasalahan Peran Pokdarwis dalam pengembangan pariwisata di Geopark Gunung Berantai, hambatan Pokdarwis dalam pengembangan pariwisata dan upaya yang dilakukan dalam menghadapi hambatan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelian ini adalam metode kualitatif, Informan ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling teknik pengumpulan data melalui observasi dengan tife Participant Obsever, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu: data reduction(reduksi data), data display(penuyajian data), verivication analisis(menarik kesimpulan). berdasarkan Hasil peneltian dapat disimpulkan melipui: 1.Peran porkdarwis dalam pengembangan pariwisata di geopart Gunung Berantai yaitu (a) peningkatan pengetahuan dan wawasan para anggota porkdarwis Gunung Berantai (b) peningkatan kemampuan dan keterampilan dalam mengelola usaha pariwisata dan usaha terkait lainnya. (c) mendorong dan memotvasi masyarakat agar menjadi tuan rumah yang baik dalam mendukung kegiatan kepariwisataan di daerahnya. (d) meningkatkan kualitas lingkungan dan dayatarik pariwisata melalui upaya perwujutan sapta pesona. (e) memberikan pelayan informasi kepada wisatawan dalam masyarakat setempat. 2. Hambatan peran pokdarwis dalam pengembangan pariwisata Gunung berantai yaitu hambatan internal dan ekstemal. Upaya yang dilakukan dalam menghadapi hambatan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTohidin, DidinUNSPECIFIED
CorrectorSepdanius, EndangUNSPECIFIED
CorrectorChaeroni, AhmadUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Jun 2024 09:29
Last Modified: 20 Jun 2024 09:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52610

Actions (login required)

View Item View Item