Hubungan Peer Pressure dengan Misbehavior pada Remaja Serta Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling

Putri, Nikita Heriati (2024) Hubungan Peer Pressure dengan Misbehavior pada Remaja Serta Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_NIKITA_HERIATI_PUTRI_19006103_1641_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya krisis kedisiplinan siswa dan perilaku tidak baik yang dapat mengganggu proses belajar mengajar di sekolah. Perilaku tersebut disebut dengan misbehavior. Salah satu faktor yang mempengaruhi misbehavior yaitu peer pressure. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tekanan teman sebaya (peer pressure) pada remaja, (2) mendeskripsikan perilaku misbehavior pada remaja, dan (3) menguji seberapa besar hubungan peer pressure dengan misbehavior pada remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Penelitian ini menggunakan populasi kelas X dan XI siswa SMKN 9 Padang sebanyak 898 siswa, sampel penelitian sebanyak 277 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen peer pressure dan instrumen misbehavior dengan menggunakan skala model Likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif, korelasi Pearson Product Moment dan regresi sederhana dengan bantuan SPSS 29.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat peer pressure berada pada kategori rendah, (2) tingkat misbehavior berada pada kategori sedang, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara peer pressure dengan misbehavior dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,973 dan signifikansi 0,000. Implikasi bagi Bimbingan dan Konseling dapat dilakukan oleh guru BK dengan memberikan layanan konseling perorangan, layanan konseling kelompok, layanan penguasaan konten (dengan materi pentingnya memiliki dukungan sosial yang baik, kiat dalam mengontrol diri, rasa empati dan kiat memanagemen waktu) serta kolaborasi dengan guru mata pelajaran atau wali kelas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDaharmis, DaharmisUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorZahri, Triave NuzilaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 19 Jun 2024 00:40
Last Modified: 19 Jun 2024 00:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52563

Actions (login required)

View Item View Item