Rahman, Elgi
(2024)
Analisis Kesesuaian Ruang dan Peralatan Bengkel Kayu Jurusan Bangunan di SMK Negeri 2 Payakumbuh.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Sarana dan prasarana pendidikan adalah salah satu elemen penting guna meningkatkan kompetensi siswa dalam melakukan proses belajar. Bengkel Kayu Jurusan Bangunan di SMK Negeri 2 Payakumbuh mempunyai luas yang lumayan besar, namun terlihat sempit karena hasil praktik seperti meja dan kursi hanya ditumpuk dalam ruangan bengkel kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kesesuaian ukuran ruang Bengkel Kayu dan peralatan di ruang bengkel kayu Jurusan Bangunan SMK Negeri 2 Payakumbuh ditinjau berdasarkan standar Permendikbud nomor 34 tahun 2018. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Payakumbuh.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif secara evaluatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, pengukuran dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah ruang dan peralatan yang terdapat di Bengkel Kayu SMKN 2 Payakumbuh.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, persentase ketercapaian luas total ruang bengkel kayu adalah sebesar 100% yang artinya sesuai dengan Permendikbud nomor 34 Tahun 2018, persentase ketercapaian perabotan adalah sebesar 28,5% yang artinya tidak sesuai, persentasi peralatan adalah sebesar 58,8% yang artinya tidak sesuai, persentase media pendidikan adalah sebesar 25% yang artinya tidak sesuai dan persentase perlengkapan lain adalah sebesar 75% yang artinya kurang sesuai.
Actions (login required)
![View Item View Item](/style/images/action_view.png) |
View Item |