Pengembangan Model Digital Production Based Learning Berbantuan Augmented Reality pada Matakuliah Desain Grafis

Ayu, Fitri (2024) Pengembangan Model Digital Production Based Learning Berbantuan Augmented Reality pada Matakuliah Desain Grafis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_FITRI_AYU_20193009_2265_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan kepada studi pendahuluan dan analisis kebutuhan yang dilakukan pada Matakuliah Desain Grafis dan ditemukan masalah bahwa pembelajaran kurang optimal yang disebabkan beberapa faktor antara lain, model dan strategi pembelajaran yang kurang tepat. Pengembangan model pembelajaran ini untuk meningkatkan interaksi mahasiswa dalam belajar melalui pembelajaran berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Model Digital Production Based Learning (MD-PBL) berbantuan Augmented Reality pada Matakuliah Desain Grafis yang valid, praktis dan efektif. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), metode dan prosedur pengembangan yang dilakukan diadopsi dari model Borg and Gall. Model Digital Production Based Learning berbantuan Augmented Reality ini terdiri dari 6 langkah: 1) Penjelasan Capaian Pembelajaran, 2) Identifikasi dan Analisis Produk, 3) Perencanaan Pembuatan Produk Digital, 4) Proses Pembuatan Produk Digital, 5) Eksplor Skill Desain, 6) Evaluasi Produk dan Pelaporan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa kuesioner, wawancara, observasi, dan lembar validasi yang didapat dari Focus Group Discussion (FGD) dari para pakar/ahli. Analisis validitas data menggunakan perhitungan Aiken’s V untuk validasi produk. Uji praktikalitas dan efektivitas dilakukan kepada dosen dan mahasiswa dalam bentuk angket. Uji hipotesis pada efektivitas menggunakan analisis independent sample t test. Novelty dari penelitian ini adalah sebuah Model Pembelajaran Digital Production Based Learning berbantuan Augmented Reality (AR) pada Matakuliah Desain Grafis. Pengembangan model ini didukung dengan produk buku model, buku ajar desain grafis, buku panduan dosen, buku panduan mahasiswa, aplikasi DiGi.AR berbantuan Augmented Reality. Hasil analisis validitas produk menunjukkan semua produk pada penelitian ini telah valid. Hasil analisis praktikalitas oleh dosen dan mahasiswa menunjukkan semuanya praktis. Dan berdasarkan uji efektivitas model ini dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Implikasi pada penelitian ini, MD-PBL berbantuan Augmented Reality membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan mampu meningkatkan keterampilan/ skill desain objek 3D mahasiswa, serta penguasaan teknologi AR dan digital marketing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGanefri, GanefriUNSPECIFIED
Thesis advisorIrfan, DedyUNSPECIFIED
CorrectorKrismadinata, KrismadinataUNSPECIFIED
CorrectorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
CorrectorWakhinuddin, WakhinuddinUNSPECIFIED
CorrectorWaskito, WaskitoUNSPECIFIED
CorrectorHuda, AsrulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: APLIKASI DIGI.AR, AUGMENTED REALITY, MODEL DIGITAL PRODUCTION BASED LEARNING, DESAIN GRAFIS
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Jun 2024 03:40
Last Modified: 14 Jun 2024 03:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52527

Actions (login required)

View Item View Item