Pengembangan E-Modul Berbasis Android Berbentuk Flipbook Pada Materi Sistem Ekskresi dan Sistem Koordinasi Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA

Mulia, Nanta (2024) Pengembangan E-Modul Berbasis Android Berbentuk Flipbook Pada Materi Sistem Ekskresi dan Sistem Koordinasi Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B1_03_NANTA_MULIA_21177021_3090_2024.pdf

Download (0B)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih mendorong pendidik untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan sebagai media dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Berdasarkan hasil investigasi awal yang dilakukan, ditemukan masalah yaitu belum optimalnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Media pembelajaran yang digunakan monoton dan belum mampu memvisualisasikan materi sistem ekskresi dan sistem koordinasi pada manusia. Hal ini berdampak terhadap hasil belajar peserta didik yang masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang berbasis teknologi seperti e-modul berbentuk flipbook. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-modul berbasis android berbentuk flipbook pada materi sistem ekskresi dan sistem koordinasi yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Tahap pengembangan model ini dimulai dari tahap investigasi awal, tahap pengembangan atau prototyping, dan tahap penilaian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah lembar instrumen pedoman wawancara guru, lembar angket peserta didik, lembar evaluasi diri, dan lembar validasi e-modul oleh ahli, serta lembar penilaian kepraktisan e-modul berbentuk flipbook yang diisi oleh guru dan peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA. Objek penelitian yaitu e-modul berbasis android berbentuk flipbook pada materi sistem ekskresi dan sistem koordinasi. Teknik analisis data validitas dan praktikalitas menggunakan penskoran skala likert dan efektivitas menggunakan Uji T dengan menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan e-modul berbasis android berbentuk flipbook memperoleh hasil validitas kriteria sangat valid, hasil praktikalitas oleh guru dan peserta didik dengan kriteria sangat praktis. Nilai validitas e-modul materi sistem ekskresi dan sistem koordinasi adalah 86,76% dan 89,06%. Untuk nilai praktikalitas oleh guru dan peserta didik yaitu sebesar 84,17% dan 86,43%. Berdasarkan Uji T yang dilakukan maka terdapat perbedaan nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu signifikansi 0,048 pada materi sistem ekksresi dan 0,003 pada materi sistem koordinasi. Dengan demikian e-modul berbasis android berbentuk flipbook dapat meningkatkan kompetensi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAdvinda, LindaUNSPECIFIED
CorrectorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorAhda, YuniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL, ANDROID, FLIPBOOK, SISTEM EKSKRESI, DAN SISTEM KOORDINASI
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S2
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Jun 2024 09:01
Last Modified: 13 Jun 2024 09:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52526

Actions (login required)

View Item View Item