Pengaruh Sales Learning terhadap Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Perguruan Islam Ar Risalah Padang

Amelia, Amelia (2024) Pengaruh Sales Learning terhadap Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Perguruan Islam Ar Risalah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_AMELIA_22161003_2505_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Sales Learning terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Perguruan Islam Ar Risalah di Padang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen menggunakan Non-randomized Control-Group Pretest-Posttest. Setiap kelas melalui pre-test (T1) sebelum mengalami perlakuan (X) pada kelas eksperimen, sementara kelas kontrol tidak menerima perlakuan. Post-test (T2) diberikan pada kedua kelompok untuk mengukur hasil pembelajaran siswa. Analisis data menggunakan uji t independen dengan SPSS 26.0, di mana hasilnya menunjukkan perbedaan signifikan dalam keterampilan komunikasi antara siswa yang menggunakan Sales Learning dan siswa yang belajar secara konvensional (t hitung = 10,518, dk = 54, t tabel = 1,673, Sig. = 0,0000). Untuk nilai TCR ( Tingkat Capaian Responden) keterampilan komunikasi kelas eksperimen diperoleh hasil sebesar 75,80 % dengan kategori cukup baik. Sedangkan TCR kelas kontrol diperoleh hasil sebesar 60,52 % dengan kategori kurang baik. Untuk peningkatan hasil belajar siswa dari kelompok Sales Learning tidak mencapai tingkat signifikansi statistik (t hitung = 0,744, dk = 54, t tabel = 1,673, Sig. = 0,460), namun rata-rata nilai yang lebih tinggi menunjukkan potensi positif dari implementasi Sales Learning. Sales Learning berperan penting dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Meskipun kontribusinya terhadap hasil belajar positif, belum mencapai tingkat signifikansi statistik. Temuan ini memberikan wawasan penting terkait potensi metode pembelajaran Sales Learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnanda, AzwarUNSPECIFIED
CorrectorMontesari, MariaUNSPECIFIED
CorrectorAgusti, EfiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SALES LEARNING, KETERAMPILAN KOMUNIKASI, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:57
Last Modified: 13 Jun 2024 07:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52524

Actions (login required)

View Item View Item