Hubungan Interaksi Sosial dengan Kecemasan Siswa Korban Bullying

Hasibuan, Devy Afriani (2024) Hubungan Interaksi Sosial dengan Kecemasan Siswa Korban Bullying. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_DEVY_AFRIANI_HASIBUAN_19006240_544_2024.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pada era saat ini maraknya kasus siswa yang mengalami bully di sekolah,Siswa yang menjadi korban bullying akan mengalami kecemasan, kecemasan mengacu perasaan tidak nyaman dan ketakutan bahkan kecemasan membuat seseorang sulit berinteraksi dengan seseorang dan lingkungan sekitar, hal ini merugikan siswa karena siswa mengalami kecemasan sehingga tidak bisa mengontrol dirinya akibatnya siswa kesulitan berinteraksi dengan siswa lainnya bahkan hilangnya kepercayaan diri dan takut membina hubungan interaksi sosial dengan orang lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional, populasi penelitian adalah siswa kelas Kelas XI dan Kelas XII SMAN 8 Padang berjumlah 653 dengan sampel sebanyak 74 siswa dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, tujuan penelitian ini yaitu hubungan interaksi sosial dengan kecemasan siswa korban bullying, hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara interaksi sosial dengan kecemasan siswa korban bullying. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru BK meningkatkan perhatian terhadap korban bullying dengan memberikan layanan informasi dengan materi pentingnya interaksi sosial, layanan bimbingan kelompok dengan memberikan topik tugas interaksi sosial yang baik dengan teman dan layanan penguasaan konten dengan materi peningkatan interaksi sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarneli, YeniUNSPECIFIED
CorrectorNetrawati, NetrawatiUNSPECIFIED
CorrectorZahri, Triave NuzilaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 13 Jun 2024 05:55
Last Modified: 13 Jun 2024 05:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52516

Actions (login required)

View Item View Item