Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMA Negeri 4 Pariaman

Marsyaf, Wahyu Zuhri (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMA Negeri 4 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_WAHYU_ZUHRI_MARSYAF_19004127_2789_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika kelas X SMA N 4 Pariaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru yang menyebabkan siswa menjadi pasif saat pembelajaran berlansung. Interaksi dan aktivitas siswa yang minim menjadikan siswa kurang kritis dan aktif dalam mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri, selain itu siswa kekurangan wadah untuk mempraktekan dan mengimplementasikan pengetahuan dan ilmu yang mereka peroleh dari pembelajaran. Salah satu upaya untuk menciptakan aktivitas pembelajaran yang menarik adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang mampu menstimulus siswa untuk aktif belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang melibatkan sampel 60 orang siswa dari kelas X4 dan X5 yang ditetapkan menggunakan teknik porposive sampling. Kelas X4 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Sedangkan kelas X5 selaku kelas kontrol tidak diberi perlakuan dan akan tetap belajar dengan model pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji statistik t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 75,66 dan kelas kontrol sebesar 64,16. Setelah dilakukan uji t, diperoleh t hitung sebesar 2,478 dan t tabel sebesar 1,671 pada taraf signifikansi α 0,05. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika kelas X SMA N 4 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorAmsal, Mutiara FelicitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROJECT BASED LEARNING, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Jun 2024 02:58
Last Modified: 13 Jun 2024 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52513

Actions (login required)

View Item View Item