Motivasi Pendaki Pada Kegiatan Olahraga Rekreasi Mountain Hiking di Gunung Talang Nagari Aie Batumbuak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok.

Wijaya, M. Alvin (2024) Motivasi Pendaki Pada Kegiatan Olahraga Rekreasi Mountain Hiking di Gunung Talang Nagari Aie Batumbuak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Fakulltas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
B1_7_06_M. ALVIN_WIJAYA_17089112_2683_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari semakin banyaknya jumlah pendaki dan tingginya jumlah peminat kegiatan olahraga rekreasi Mountain Hiking di Gunung Talang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi pendaki pada kegiatan olahraga rekreasi mountain hiking di Gunung Talang Aie Batumbuak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siapa saja yang secara kebetulan/ insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Jadi, sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 orang pendaki pada kegiatan olahraga rekreasi mountain hiking rentang usia 15-35 tahun. Instrumen tes dalam penelitian ini mengunakan Angket tertutup serta skala yang digunakan adalah sensation seeking scale yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan rumus statistik deskriptif yaitu pencarian nilai dengan pencarian presentase. Hasil penelitian ini di peroleh Standar deviasi sebesar 0,30 dengan rata rata nilai tertinggi sebesar 4,02 dan nilai terendah sebesar 3,35 Maka bisa disimpulkan motivasi pendaki pada kegiatan olahraga rekreasi mountain hiking Talang karena menyukai tantangan dari kegiatan itu sendiri, yang memacu adrenalin atau membangkitkan gairah seperti terlibat dalam kegiatan yang menantang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlimuddin, AlimuddinUNSPECIFIED
CorrectorKomaini, AntonUNSPECIFIED
CorrectorHaris, FahmilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI, OLAHRAGA REKREASI, MOUNTAIN HIKING
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Jun 2024 06:42
Last Modified: 12 Jun 2024 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52488

Actions (login required)

View Item View Item